Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Kabupaten Banjar Terima Penghargaan Anugerah Perlindungan Konsumen 2022

Kabupaten Banjar Terima Penghargaan Anugerah Perlindungan Konsumen 2022

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM,MARTAPURA – Kementerian Perdagangan RI kembali memberikan penghargaan kepada seluruh Kepala Daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia dalam ajang Anugerah Perlindungan Konsumen 2022 yang dilaksanakan di Hotel Bumi Senyiur Samarinda Kalimantan Timur, Rabu ( 31/08/2022 ).

Bupati Banjar H.Saidi Mansyur menerima penghargaan di kegiatan ini untuk kategori “Pasar Tertib Ukur” dan penghargaan yang diwakili dan diterima oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie yang diserahkan oleh Menteri Perdagangan Zulkifilii Hasan.

Kabupaten Banjar dinilai Kementerian Perdagangan telah memenuhi kriteria dimana alat ukur di pasar telah ditera ulang dan bertanda sah sesuai ketentuan yang berlaku bertujuan untuk menjamin kebenaran hasil pengukuran, memberikan perlindungan bagi konsumen.

BACA JUGA :  DPRD Pastikan Raperda Pro-Rakyat Segera Rampung

Kabupaten Banjar juga dinilai mampu oleh Kemertian Perdagangan dalam upaya maksimal memberikan perlindungan hak konsumen khususnya pada penerapan alat ukur berstandar yang dikoordinir oleh dinas terkait dalam hal ini DKUMPP Kabupaten Banjar.

Dalam laporannya Dirjen Perlindungan Konsumen dan Niaga Kementerian Perdagangan Feri Anggriono mengatakan berdasarkan hasil survei Indeks Keberdayaan Konsumen ( IKK ) tahun 2021,konsumen Indonesia masih berada pada level mampu, yaitu pada poin 50,39 artinya konsumen Indonesia mampu menggunakan hak kewajibannya untuk menentukan pilihan terbaik serta menggunakan produk dalam negeri namun belum sepenuhnya menegakan hak – hak sebagai konsumen.

“Penghargaan perlindungan konsumen ditujukan untuk memberikan apresiasi Kementerian Perdagangan kepada pemerintah daerah yang memiliki upaya peningkatan perlindungan konsumen” jelasnya.

BACA JUGA :  Diduga Saluran Air Pecah Penyebab Utama Kerusakan Jalan Ahmad Yani Km 2 Paringin Balangan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dikesempatan ini mengajak kepala daerah baik Gubernur, Walikota dan Bupati untuk bisa mengkoordinasikan kepada masing – masing Kepala Dinas Perdagangan untuk selalu memantau harga kebutuhan pokok masyarakat di pasaran karena ini sangat krusial serta menyangkut keberdayaan daya beli masyarakat.

Penghargaan Perlindungan Konsumen 2022 diberikan kepada 6 Gubernur dan 24 Bupati dan Walikota di Indonesia kemudian dari Kabupaten Banjar dihadiri Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie sebagai penerima penghargaan.

Sementara itu, Habib Idrus Al Habsyie menerima penghargaan didampingi Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati, Kepala DKISP H.M.Aidil Basith.

Baca Juga