Tanah Bumbu Terbaik Ketiga se-Kalsel Aksi Konvergensi Penurunan Stunting

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) meraih penghargaan sebagai kabupaten terbaik ketiga se-Kalimantan Selatan (Kalsel) pada penilaian kinerja Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting tahun 2022 periode penilaian tahun 2021.

Penghargaan diterima langsung Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tanbu diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Hj. Mariani di Kota Denpasar, Bali, Selasa (30/08/2022).

“Penghargaan diserahkan dalam acara Workshop Penguatan Perencanaan dan Penganggaran serta Pemberian Apresiasi Kepada Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Penilaian Kinerja Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri,” ujar Hj. Mariani.

BACA JUGA :  Hadiri Hari Gerakan Paramuka Ke 60 Wabup Muh Rusli Terima Bantuan Perahu Karet Dari Gubernur.

Penghargaan ini adalah apresiasi Nasional terhadap kinerja kabupaten/kota yang sudah bekerja keras untuk mencapai angka stunting sesuai target nasional sebesar 14% pada tahun 2024.

Selain itu, kata Hj. Mariani penghargaan ini diharapkan dapat memicu dan meningkatkan semangat kabupaten/kota dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 angka stunting Kabupaten Tanah Bumbu sebesar 18.7 adalah angka paling rendah dari 13 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalsel.

Hal ini memberikan gambaran bagaimana hasil kinerja selama ini sudah menunjukkan perbaikan, dan kedepan TPPS perlu melakukan perbaikan di beberapa sektor, seperti penajaman aksi intervensi sensitif dan spesifik, sinkronisasi perencanaan dan peningkatan alokasi anggaran, peningkatan dan implementasi inovasi di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa, serta kerjasama dengan berbagai pihak seperti perusahaan dan perguruan tinggi.

BACA JUGA :  Dispersip Tanbu Beli Buku Karya Penulis Daerah Guna Lestarikan Karya Penulis Lokal.

Berdasarkan peringkat hasil penilaian kinerja pemerintah kabupaten/kota lokus dan lokus nasional dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting di Kalimantan Selatan Tahun 2022 periode penilaian tahun 2021 terbaik pertama yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan, terbaik kedua Kabupaten Tabalong, dan terbaik ketiga Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga