HUT ke-72 Kalsel, ASN Tanbu Gelar Bersih Lingkungan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, BATULICIN – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan (Prov. Kalsel) yang diperingati setiap 14 Agustus, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) dan masyarakat setempat menggelar aksi bersih-bersih lingkungan yang serentak dilaksanakan Jumat (12/08/2022).

“Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini menindaklanjuti surat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov. Kalsel,” sebut Kepala DLH Tanbu Rahmat Prapto Udoyo, di Batulicin.

Rahmat menyebutkan untuk pembagian tempat pelaksanaan kegiatan diserahkan kepada masing-masing SKPD, meskipun arahan dari DLH Provinsi di jalan protokol kabupaten, namun lokasi pelaksanaan kegiatan oleh beberapa pihak terkait bervariasi, yaitu sekitar lokasi kantor pemerintahan dan desa.

BACA JUGA :  Sholat Idul Fitri Di Kampung Tajur, Wabup Berikan Bantuan Mushola dan Warga.

Dilaksanakannya aksi bersih-bersih lingkungan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tergerak mengelola sampah dari hulu sampai hilir, sekaligus memberikan edukasi keseluruh pihak bahwa konsep pengelolaan sampah secara sederhana dimulai dari diri sendiri, yaitu taat jam buang sampah dimulai dari jam 18.00 – 05.00 wita, serta ketaatan membuang sampah ditempat pembuangan sampah yang telah ditentukan.

“Melihat antusias berbagai pihak yang sangat besar, direncanakan kedepannya menjadi agenda rutin agar kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar dapat menjadi bagian dalam keseharian yang membudaya pada masing-masing individu, terlebih saat ini semua Kabupaten/Kota tidak terkecuali Kabupaten Tanah Bumbu tengah menghadapi persiapan pemantauan Adipura oleh tim pusat, ekoregoin, dan provinsi,” sebutnya.

BACA JUGA :  Mahasiswa UMM Edukasi Masyarakat Tentang Pentingnya Maga Kesehatan Diri

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) Indah Maya Suryanti, menambahkan sampai Sabtu (13/08/2022) ada sebanyak 14 Dinas/Badan, 5 Kecamatan, 2 Kelurahan, dan 24 Desa yang melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan ke DLH Tanah Bumbu.

“Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa SKPD atau pihak lainnya yang juga melaksanakan kegiatan bersih-bersih dihari tersebut meskipun belum terlaporkan pelaksanannya,” ujarnya.

Baca Juga