Distan Banjar Laksanakan Sosialisasi Pemanfaatan Alsintan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Dalam rangka mendukung pemenuhan produksi pertanian sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk,Dinas Pertanian Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi pemanfaatan alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Menurunnya daya dukung lahan, rendahnya intensitas pertanaman pengembangan Alsintan dapat mempercepat dan meningkatkan mutu pengolahan tanah, penyediaan air, meningkatkan intensitas pertanaman (IP), mengurangi kehilangan hasil, menjaga kesegaran dan keutuhan, meningkatkan nilai tambah melalui pengolahan produk komoditas pertanian.

BACA JUGA :  Sajian 41 Macam Wadai dan Panjatkan Rasa Syukur! Petani Kembali Gelar Selamatan Padang yang Sempat Vakum Selama 20 Tahun

Pendayagunaan Alsintan melalui Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) sudah dimulai sejak tahun 1996/1997 dengan membentuk kelompok UPJA.

Kasi Pengembangan Sarana Pertanian Gt Rahmatullah menjelaskan tahun 2015 itu memang waktu itu orientasi Kementerian Pertanian lebih Kemekanisasi Pertanian, dengan adanya alat mesin pertanian ini harapannya dapat memudahkan pengolahan tanah, pasca panen dan lain-lain sebagainya.

BACA JUGA :  PD Pasar Bauntung Batuah Terima Penghargaan BUMD Paling Informatif

“Karena kita tahu sendiri menurut data BPS usia petani kita di atas rata-rata 40 tahun, jarang sekali usia yang masih produktif,” ungkap dia.

Pada kegiatan ini juga dihadiri Kabid Sarana Pertanian Nurul Chatimah.(nsh)

Baca Juga