Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Lapas Batulicin Jalin Kerjasama Dengan BLK Tanbu

Lapas Batulicin Jalin Kerjasama Dengan BLK Tanbu

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Batulicin, menyelenggarakan, Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) Tanah Bumbu, tentang Pembinaan Kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Selain itu kegiatan juga dalam rangka Pembukaan Pelatihan Pengelasan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, bertempat di Aula Lapas Kelas III Batulicin, Selasa (20/09/2022).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plt. Kepala Lembaga Pemasyarakatan, Bambang Hari Widodo dan hadiri Kepala UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten Tanah Bumbu, Hamdan Rusli Habibi.

Pihak UPTD BLK Disnakertrans, terlihat sangat mengapresiasi dengan adanya program pelatihan untuk WBP Lapas kelas III Batulicin. Tujuan Disnakertrans sesuai dengan tupoksinya yaitu melaksanakan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas masyarakat tanah Bumbu.

“Alhamdulillah WBP di lapas kelas III Batulicin, 95 persen adalah masyarakat Tanah Bumbu, sehingga harapan kami dengan adanya pelatihan ini WBP mempunyai keterampilan yang berguna untuk bekal setelah kembali ke keluarga masing masing,” ujar Kepala BLK Tanah Bumbu, Hamdan.

BACA JUGA :  Wabub Tanbu Hadiri Dengan Pendapat dengan DPRD

Sedangkan pendanaannya dari Kemenkumham seluruh WBP, namun jika dananya dari APBD maka pesertanya berasal dari Tanah Bumbu.

“Harapan kami semoga program pelatihan ini berkelanjutan dan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, sehingga setelah selesai menjalani hukumannya WBP, dapat langsung berwirausaha ataupun bekerja. Untuk trainernya kami kerjasama dengan pihak usahawan Bidang Las, karena pelatihannya berbasis masyarakat,” paparnya.

BLK bertugas memberikan kurikulum dan silabus serta monitoring evaluasi dan pendampingan ketika pelaksanaan pelatihan,akan dilakukan pelatihan selama 12 hari sebagaimana indikator pelatihan untuk masyarakat Tanah Bumbu pada umumnya.

Disamping itu, terlaksananya kegiatan ini merupakan salah satu wujud pembinaan kemandirian bagi Narapidana di Lapas Batulicin.

“Salah satunya pelatihan pengelasan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM Narapidana, menjadi SDM unggul melalui pelatihan keterampilan bersertifikat,” terang Plt. Kalapas Batulicin, Bambang Hari Widodo.

Pelatihan dimulai pada hari ini, selasa tanggal 20 September 2022 sampai tanggal 3 Oktober 2022, di ikuti 20 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Batulicin.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi melalui Plt Kalapas Batulicin, Bambang Hari Widodo, turut menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kab.Tanah Bumbu khususnya Jajaran UPTD BLK Kab. Tanah Bumbu.

BACA JUGA :  Diskominfo Tanbu Perkuat KIM 

Dalam Sinergi dan dukungan yang terjalin untuk pembinaan bagi WBP Lapas Batulicin dan berharap kegiatan dapat berguna bagi WBP serta dapat terlaksana secara berkelanjutan.

“Saya ucapkan terimakasih untuk Pemerintah Daerah Kab. Tanah Bumbu khususnya UPTD BLK Kab. Tanah Bumbu atas dukungan dan sinergitasnya dalam hal pembinaan untuk Warga Binaan Lapas Batulicin, dan diharapkan Kerjasama ini dapat terus berkesinambungan,” pungkasnya.

Diharapkan kegiatan ini, sebagai bekal untuk berwirausaha bagi para peserta setelah bebas nanti, dan dilaksanakan secara besungguh sungguh, lanjutnya.

Boy selaku salah seorang Narapidana Warga Binaan Lapas Batulicin yang juga sebagai peserta dari pelatihan las, mengaku sangat senang dan tidak menyangka Lapas Batulicin, akan ada kegiatan yang sangat bermanfaat untuknya usai bebas dari Lapas Batulicin.

“Senang sekali, Lapas Batulicin dapat melaksanakan kegiatan pembinaan kemandirian, khususnya latihan pengelasan untuk pengalaman usai bebas nanti,” kata Boy. (Rel).

Baca Juga