Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Wabub Tanbu Hadiri Dengan Pendapat dengan DPRD

Wabub Tanbu Hadiri Dengan Pendapat dengan DPRD

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu (Wabup Tanbu), Muh. Rusli bersama jajaran menghadiri Rapat Dengar Pendapat yang dilaksanakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Selasa (06/09/2022) di ruang sidang DPRD.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tanbu, H. Supiansyah ZA, gelar dalam rangka pembahasan tentang sejumlah rumah yang rusak karena terdampak akibat aktivitas pertambangan, di Kecamatan Satui.

Terdapat keluhan dari warga yang merasa dirugikan, akibat aktivitas tambang di Desa Satui Barat Kecamatan Satui, yang mengakibatkan tempat tinggal mereka saat ini dalam kondisi rusak dan meminta untuk direlokasi.

BACA JUGA :  Disperkimtan Lakukan Pendataan Terkait Pengangkatan Rumah Warga Terdampak Banjir di Desa Serdangan.

Dengar pendapat antara warga Satui Barat yang didampingi oleh Pengacara mereka, dengan pihak perwakilan perusahaan yang melakukan aktivitas pertambangan diwilayah sekitar tempat tinggal warga yang terdampak. Hal ini dilakukan guna mencari solusi pemecahan masalah dan jalan keluar atas keadaan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Wabup Muh. Rusli meminta perusahaan untuk menghentikan aktivitas penambangan dan segera mengalihkan jalan alternatif atau memperbaiki jalan yang rusak. Sedangkan bagi warga yang terdampak harus diberikan ganti rugi terhadap tempat tinggal warga yang rusak.

Setelah melewati berbincangan dan adu argumentasi dari kedua belah pihak, serta beberapa masukan saran dari anggota DPRD termasuk pendapat dari Dandim 1022/Tnb dan ditengahi oleh Ketua DPRD Tanah Bumbu, akhirnya diperoleh kesepakatan.

BACA JUGA :  Cabang Hifdzil Al-Quran Golongan 1 Juz Tilawah Digelar

Perusahaan bertanggungjawab atas dampak lingkungan yang terjadi di wilayah itu dan mengganti rugi rumah warga yang terdampak, perusahaan harus menghentikan aktifitasnya sehingga ada kajian teknis lebih lanjut dari Dinas terkait, serta jalan poros yang rusak harus segera diperbaiki.

Turut hadir dalam rapat Dandim 1022/Tnb dan perwakilan Forkopimda, Anggota DPRD, pejabat SKPD dan undangan lainnya

Baca Juga