Dampak Aktivitas Tambang, Wabup Minta Perusahaan Perbaiki  Kerusakan Rumah Warga 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, TANAH BUMBU – Wakil Bupati Tanah Bumbu (Wabup Tanbu), Muhammad Rusli bersama jajaran menghadiri Rapat Dengar Pendapat yang dilaksanakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Selasa (6/9) di ruang sidang DPRD.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tanbu, H. Supiansyah ZA, gelar dalam rangka pembahasan tentang sejumlah rumah yang rusak karena terdampak akibat aktivitas pertambangan, di Kecamatan Satui.

Terdapat keluhan dari warga yang merasa dirugikan, akibat aktivitas tambang di Desa Satui Barat Kecamatan Satui, yang mengakibatkan tempat tinggal mereka saat ini dalam kondisi rusak dan meminta untuk direlokasi.

BACA JUGA :  Awal 2021 Perusda Tanbu Punya Gebrakan Baru Untuk Kembangkan Semua Sektor.

Dengar pendapat antara warga Satui Barat yang didampingi oleh Pengacara mereka, dengan pihak perwakilan perusahaan yang melakukan aktivitas pertambangan diwilayah sekitar tempat tinggal warga yang terdampak.

Hal ini dilakukan guna mencari solusi pemecahan masalah dan jalan keluar atas keadaan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Wabup Muhammad Rusli meminta perusahaan untuk menghentikan aktivitas penambangan dan segera mengalihkan jalan alternatif atau memperbaiki jalan yang rusak, sedangkan bagi warga yang terdampak harus diberikan ganti rugi terhadap tempat tinggal warga yang rusak.

Setelah melewati berbincangan dan adu argumentasi dari kedua belah pihak, serta beberapa masukan saran dari anggota DPRD termasuk pendapat dari Dandim 1022/Tnb dan ditengahi oleh Ketua DPRD Tanbu, akhirnya diperoleh kesepakatan.

BACA JUGA :  Satpol PP Tanbu Kembali Gelar Patroli Wilayah Dimalam Hari

Perusahaan bertanggungjawab atas dampak lingkungan yang terjadi di wilayah itu dan mengganti rugi rumah warga yang terdampak, perusahaan harus menghentikan aktifitasnya sehingga ada kajian teknis lebih lanjut dari Dinas terkait, serta jalan poros yang rusak harus segera diperbaiki.

Turut hadir dalam rapat Dandim 1022/Tnb dan perwakilan Forkopimda, Anggota DPRD, pejabat SKPD dan undangan lainnya. (MHI)

Baca Juga