Pemkab Banjar Giat Bangun Kemandirian Usaha Desa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Bupati Banjar H Khalilurrahman mengajak seluruh desa menghidupkan Bumdes. Pasalnya, badan usaha desa ikut memberi kontribusi besar bagi perkembangan ekonomi desa. Ada nilai tambah bagi pertumbuhan dan perkembangan potensi produk unggulan desa.

Pernyataan itu menyikapi hadirnya Bumdesmart Rumah Pajang hasil kerja sama 8 desa dan pusatnya usahanya di Taruna Praja Desa Sungai Sipai, Kecamatan Martapura. Desa yang mau bergabung dan menyatukan tekad bakal menghasilkan pendapatan bagi warganya.

BACA JUGA :  BREAKING NEWS : Didemo, Komisioner KPU Banjar Dituntut Mundur

“Saat ini, Pemerintah makin giat membangun kawasan pedesaan untuk meningkatkan kualitas masyarakat agar menjadi masyarakat yang sejahtera,” kata Guru Khalil.

Seluruh hasil kerajinan dan kreativitas warga bisa dijual ke bumdes, potensi itu memberi kontribusi besar bagi perkembangan ekonomi dan nilai tambah bagi pertumbuhan perkembangan potensi produk unggulan. Syaratnya, Bumdes harus dikelola profesional dan memiliki tekad sama yaitu kemajuan usaha desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H Aspihani mengatakan, tiap desa terus didorong membuat Bumdes. sesuai Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 5 tahun 2016 Tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan. Bumdes akan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) dan sekitarnya.

BACA JUGA :  Jadid Akan Dimasukkan Dalam Proses Penyusunan Rencana Detil Tata Ruang

“Artinya, Kawasan itu menjadi perpaduan pembangunan antar desa dalam satu kabupaten sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga