Kontes Durian Tanggal 23 Januari 2019 di Mandikapau Barat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Danau Tamiyang Desa Mandikapau Barat

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar mengabadikan momen tahunan musim durian.

Rencananya, Kontes Durian dan Gelar Buah Eksotik Banjar akan dilaksanakan tanggal 23 Januari 2019 di Danau Tamiyang, Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan.

Semua buah yang ikut lomba tidak pernah menjadi juara kontes dan berasal dari dari Kabupaten Banjar. Calon peserta wajib menyertakan 3 buah durian dari varietas khas dengan ukuran relatif sama.

Para juara, akan mendapat hadiah, trofi, dan dijanjikan masuk varietas unggul yang didaftarkan secara resmi.

BACA JUGA :  Pembukaan MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Banjar Berlangsung Meriah.

Kepala Desa Mandikapau Barat Abdul Basit telah mengimbau kepada seluruh pemilik buah durian yang punya kesempatan ikut atau menjual hasil kebunnya di Danau Tamiyang tidak menaikan harga di atas kewajaran.

Wajib ujarnya, menurunkan harga ketika dibuka pasar durian di objek wisata.

Seandainya pengunjung mendapati pedagang yang menjual dagangan dengan harga yang tinggi, maka laporkan saja kepada pihak panitia tingkat desa.

Ia berjanji akan memberikan teguran kepada pedagang.

BACA JUGA :  Ini Jadwal Acara Festival Pasar Terapung Lok Baintan.

”Kami harus siap menerima tamu dan menjaga sopan santun serta ramah kepada pelancong yang akan hadir dalam kontes durian,” ungkap Basit.

Sedangkan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjar Aidy Hikmatullah optimis dalam kontes bakal dikunjungi banyak wisatawan dari daerah dan luar daerah.

Daya tarik durian ditambah suasana Danau Tamiyang sangat pas. Apalagi, aparat desa berkomitmen menjaga kualitas layanan serta tidak menaikan harga durian yang dijual di lokasi waktu kontes berlangsung.

Baca Juga