Ciptakan Wirausaha Baru, TP PKK HSS Gelar Workshop Sasirangan

 

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan bekerja sama dengan Bank Kalsel Cabang Kandangan menggelar workshop sasirangan bagi para pengrajin, pemerhati, masyarakat umum sampai ibu PKK.

Workshop Sasirangan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten dengan tema “Bergerak Bersama Mengembangkan Potensi Daerah”, untuk memotivasi pengrajin sasirangan rumahan serta membantu pemerintah dalam menciptakan industri kecil dibuka langsung Wakil Ketua TP PKK, Srie Astuti.

Srie Astuti mengatakan bahwa sasirangan merupakan salah satu pelengkap upacara, baik upacara resmi, non formal sampai upacara tradisional dan daur hidup di masyarakat. Sehingga sasirangan perlu untuk mendapat tempat di masyarakat. Supaya tidak tergeser bahkan diakui bangsa lain.

“Semoga dengan adanya workshop sasirangan ini dapat melestarikan sasirangan serta menciptakan wirausaha baru,” ujarnya.

Bupati HSS, H Achmad Fikry mengatakan bahwa workshop sasirangan dilaksanakan TP PKK HSS sejalan dengan program lima tahun kedepan yaitu untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan.

“Semoga dengan kegiatan ini akan tumbuh pengrajin-pengrajin yang sukses,” ujarnya.

Sebab pangsa sasirangan sangat terbuka, tidak hanya masyarakat umum saja. Aparatur sipil negara (ASN) Pemkab HSS yang diwajibkan memakai sasirangan sampai anak sekolah bisa sebagai pembelinya.

Jika sudah banyak pengrajin sasirangan di Kabupaten HSS, kedepan nanti akan di diintruksikan tidak membeli sasirangan printing tetapi membeli sasirangan produk daerah dengan kualitas tetap terjaga dan disertakan dengan motif-motif khas Kabupaten HSS seperti ketupat.

Dengan workshop sasirangan para ibu nantinya bisa menciptakan usaha rumahan untuk menghasilkan tambahan pendapatan bagi keluarga. “Bahkan jika sudah sukses, bisa menyerap tenaga kerja lainnya,” ucapnya.

Jika kualitasnya dapat bersaing dengan produk lain para ASN Pemkab HSS yang memakai sasirangan dapat membelinya difasilitasi Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) setempat.

Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan Andhy Andriawan mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen memajukan industri kreatif di daerah.

“Kami juga siap memberikan pinjaman dana sesuai dengan yang ada di Bank Kalsel Cabang Kandangan,” ujarnya. (mbur)