Napak Tilas Perdana, Diikuti Puluhan Pemuda

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, MARTAPURA – Untuk mengingat sejarah pahlawan, Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar laksanakan Napak Tilas Jejak Pahlawan perdana, Rabu (30/11/2022).

Napak tilas tersebut mengunjungi makam-makam pahlawan di Kabupaten Banjar, dengan rute; Kantor Disbudporapar, Makam Sultan Adam, Pangeran Mohammad Noor dan Tim 7 (pendiri Kabupaten Banjar), Sultan Sulaiman Desa Lihung, Taman Makam Pahlawan Bumi Mas Karang Intan, dan Datuk Marlim.

Kegiatan tersebut dimeriahkan berbagai organisasi, di antaranya, Orpala X-PAS Borneo, Orpala Kadipa, Mahipa IAI Darussalam, Purna Paskibraka, Pawadahan Nanang Galuh (Naga) Intan Banjar, serta Peramuka Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Tiap Tiga Bulan, Evaluasi Pengajaran tiap TK/TPA

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda Disbudporapar, Noor Syawli Syahri S. Kom menyampaikan, kegiatan ini untuk mengumpulkan pemuda Kabupaten Banjar dalam rangka silaturahmi. Serta mengenalkan sejarah kepada mereka.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan, tidak hanya pahlawan kemerdekaan, tapi juga pahlawan pendidikan yang berjuang menyiarkan agama islam,” ujarnya.

Syawli juga mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan pihaknya dengan anggaran yang minimalis, serta dengan waktu satu hari saja.

“Berbeda dengan daerah lain yang memakan waktu biasanya sampai tiga hari. Namun untuk ke depannya kegiatan ini akan kita maksimalkan,” ungkapnya.

Salah satu peserta Napak Tilas Jejak Pahlawan Kabupaten Banjar, Fathul Minan SM, mengaku kegiatan ini sangat luar biasa walau perdana.

BACA JUGA :  Pembangunan Bendungan Riam Kiwa Terus Berproses

“Untuk harapannya di tahun selanjutnya bisa mengambil skop lebih besar, tidak hanya pahlawan, namun juga para ulama yang berjuang untuk syiar agama islam di jaman penjajahan, serta tugu bersejarah lainnya,” harapnya.

Fathul yang juga Ketua Umum Orpala X-PAS Borneo ini mengucapkan terimakasih kepada Disbudporapar yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Terimakasih kepada bapak Syawli yang telah berinisiatif untuk mengadakan kegiatan ini. Semoga ditahun selanjutnya akan terus berlangsung,” pungkasnya.

Reporter: Mada Al Madani

Baca Juga