Setiap Awal Tahun, Santri Syafaat Bukhari Muslim Berwisata Khusus. Ziarah Keliling Makam Wali di Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Bupati Banjar H Khalilurrahman

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Budaya ziarah tahunan terus berlanjut. Kali ini rombongan santri Pondok Pesantren Syafaat Bukhari Muslim, Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan, Minggu (13/1) berkeliling ke makam ulama Kalsel.

Mereka langsung dilepas oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman  di Mahligai Sultan Adam Martapura.

Kegiatan bertajuk ziarah awal tahun tersebut diikuti sekitar 1200 santri, kendati jumlahnya berkurang dari tahun lalu, tetap terlihat antusias dari wajah penuntut ilmu agama tersebut.

BACA JUGA :  Belanda Pernah Uji Kehebatan Datu Kelampaian. Ranjang Besi Jadi Bukti Kisahnya

”Tahun lalu sekitar 1500 santri, memang berkurang. Bukan kekurangan jemaah, kali ini murni ada kendala transportasi yang cukup sulit dicari,” kata Koordinator Ziarah Santri Awal Tahun Ali Syahbana.

Adapun rute ziarah yaitu Makam Abah Guru Sekumpul, Datu Sanggul Tatakan Kabupaten Tapin.

Diteruskan ke Datu Taniran atau Tuan Guru Haji Muhammad Thaib, Kandangan. Setelah itu balik ke Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary .

BACA JUGA :  Pemkab Banjar Gelar Lomba Inovasi Daerah Tahun Ke-2

di Kelamapaian, santri akan menggelar pembacaan maulid.

Sementara itu, Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan, wisata ziarah adalah gambaran masyarakat religius dari Kabupaten Banjar.

Kegiatan wisata sangat baik meningkatkan kualitas pribadi kepada Allah Swt, sehingga otomatis sebagai pengingat diri untuk akhirat.

“Apalagi yang kita ziarahi makan para ulama dan wali Allah, Insya Allah mendatangkan keberkahan bagi para penziarah, karena kita berziarah untuk bertawassul dan bertabarruk,” pungkasnya.

Baca Juga