Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Pelantikan Kades di Tanbu Sudah Sesuai Mekanisme

Pelantikan Kades di Tanbu Sudah Sesuai Mekanisme

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Pelantikan Kepala Desa (Kades) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu disebut sebagian orang terlalu cepat sejak digelarnya pemilihan kepala desa (Pilkades).

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanah Bumbu, Samsir mengatakan, pelantikan tersebut sudah sesuai dengan mekanisme atau aturan yang berlaku.

“Pelantikan dilaksanakan sudah sesuai dengan Perda Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemilihan Kepala Desa,” sebut Samsir, Selasa (28/3/2023) di Batulicin.

BACA JUGA :  Sudian Noor Silaturahmi di Kusan Hilir, Jagalah Amanah Dalam Melaksanakan Tugas.

Dikatakan Samsir, berkas Kepala Desa terpilih sudah lengkap dan memenuhi unsur yang dimaksud, maka Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menyerahkan berkas tersebut ke Pemerintah Daerah atau Dinas PMD paling maksimal 7 (tujuh) hari. Jadi, kalau satu atau dua hari berkas selesai tentunya tidak masalah.

Kemudian, untuk pelantikan atau pengambilan sumpah Kepala Desa terpilih dilantik oleh Bupati paling lambat 30 (tiga puluh) hari.

BACA JUGA :  Sekda Tanah Bumbu Tinjau kerusakan Jembatan dk Desa Banjarsari

“Artinya, kalau BPD sudah menyampaikan berkas lengkap ke Dinas PMD maka satu atau dua hari langsung dilantik tidak masalah, karena aturannya seperti itu. Jadi tidak ada bahasa yang menyebutkan bahwa pelantikan Kades tersebut harus tiga hari setelah pemilihan,” terangnya. 

Baca Juga