Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Ribuan Warga Banjir Gran Final Festival Bacatuk Dauh

Ribuan Warga Banjir Gran Final Festival Bacatuk Dauh

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Grand Final Festival Bacatuk Dauh 1444H menjadi magnet mengumpulkan masyarakat dalam memeriahkan Malam Salikur (21) Ramadhan di Kabupaten Banjar, Senin (11/4/2023) malam.

Acara yang disaksikan oleh ribuan pasang mata tersebut penuh dengan teriakan kagum setelah aksi para grub bacatuk dauh yang memukau para penonton dengan atraksinya di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, pada Selasa

Final Festival Becatuk Dauh menyisakan 9 grup dari 28 grup, di mana sudah dilakukan babak penyisihan di 20 – 22 Maret lalu.

Adapun peserta Grand Final Festival Becatuk Dauh malam ini yaitu:

  1. Annadhir Junior
  2. Islahul Ummah
  3. Al-Banjari
  4. Syahab Islahul Ummah
  5. Darul Muflihin
  6. Al-Ishlah
  7. Baitul Huda
  8. Arraudhah Senior
  9. Al-Munir

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar yang rutin digelar setiap bulan Ramadan.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Berbagi ke Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera

Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyie mengatakan, kegiatan Festival Bacatuk Dauh ini bukti nyata Pemkab Banjar guna melestarikan budaya Banjar.

“Tradisi becatuk dauh (memukul beduk), yang dulunya sering diperdengarkan di masjid dan mushala sebagai pertanda masuknya waktu solat, kini telah mulai terpinggirkan. Sirine telah menggantikan peran beduk dalam banyak tempat,” katanya.

“Oleh karena itu, kita perlu mengenang kembali nilai dan makna dari tradisi ini, serta menjaga agar tidak dilupakan di masa yang akan datang,” ungkapnya

Sementara, Kepala Disbudporapar Banjar Haris Rifani menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka melestarikan kebudayaan atau tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadan dan juga Hari Raya Idul Fitri.

“Grand Final Festival Bacatuk Dauh dilaksanakan selama satu malam dan diikuti oleh 9 grup dari hasil babak penyisihan yang dilaksanakan sebelum bulan Ramadan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Dekranasda Banjar dan Dinas Koperasi UMPP Banjar Berikan Pelayanan "Tangkap Adik Manis" di Alun-Alun Ratu Zalecha

Ia menambahkan, untuk total hadiah yang disediakan oleh Disbudporapar Kabupaten Banjar senilai Rp34 juta plus piagam penghargaan dan tropi juara. Di mana akan memperebutkan gelar Juara I, II dan III, Juara Harapan I, II, III.

“Lalu, Juara Kategori Favorit, Busana Terbaik dan Kategori Grup Beduk Pelestari. Sementara untuk Juara I akan mendapatkan piala bergilir,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Banjar didampingi Kepala Dinas Disbudporapar Banjar Haris Rifani, Kepada Kejaksaan Negeri Martapura Muhammad Bardan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Masruri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Bendahara PCNU Banjar Ustadz Muhammad HR.

Reporter: Mada Al Madani SH
Editor: Lintang

Baca Juga