Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Penurunan Stunting Sejumlah Kabupaten/Kota Dapat Penghargaan

Penurunan Stunting Sejumlah Kabupaten/Kota Dapat Penghargaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menganugerahkan penghargaan atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten/Kota terkait upaya penurunan stunting, Kabupaten/Kota Terbaik Tahun 2022, dan Anugerah Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Awards 2022 Tingkat Provinsi.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan ucapan selamat kepada Walikota Banjarbaru, Bupati Hulu Sungai Selatan, Bupati Tabalong dan Bupati Tanah Laut, atas penghargaan pembangunan yang diperoleh di tingkat Provinsi Kalsel.

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi kita bersama, untuk mewujudkan pembangunan daerah yang lebih baik,” ujarnya.

Penyerahan penghargaan diberikan gubernur pada pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrencang) tahun 2024 bersama Pemerintah Kabupaten/Kota, organisasi dan instansi terkait lain di aula KH Ideham Khalid Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel di Banjarbaru pada Kamis (13/4).

BACA JUGA :  Program BBI Untuk Tingkatkan Promosi IKM

Daerah yang ditetapkan sebagai Kabupaten Terbaik pertama adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, terbaik kedua Tabalong dan terbaik ketiga adalah Tanah Laut.

Sedangkan predikat Kota Terbaik diraih Pemerintah Kota Banjarbaru.

Penghargaan selanjutnya diberikan atas 8 aksi konvergensi penurunan stunting 2022 hasil penilaian 2021 yakni juara I,II dan III adalah Kabupaten HSS, Tabalong, dan Tanah Bumbu.

Sedangkan terbaik Kategori Entry Data dan ePPGBM adalah Kabupaten HSS, terbaik kategori rembuk stunting sesuai jadwal adalah Kota Banjarmasin dan terbaik kategori penurunan stunting adalah Balangan.

Adapun Anugerah Germas Award 2022 penilaian kinerja kabupaten/kota dalam pembudayaan kluster tingkat provinsi tahun 2022 ditetapkan Kabupaten Batola sebagai kinerja terbaik kluster pangan sehat.

BACA JUGA :  Paman Birin Minta Rencana Pembangunan Disusun Terpadu dan Terintegrasi

Kota Banjarmasin untuk kinerja terbaik kluster aktivitas fisik, Kabupaten Kotabaru untuk kluster tata kelola dan regulasi, dan Kabupaten Tapin dinilai terbaik kinerja kluster lingkungan sehat dan terakhir Kabupaten Tabalong sebagai terbaik dari segi deteksi dini penyakit.

Adapun gelar juara umum dalam Germas Award 2022 ditetapkan kepada Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Musrenbang dibuka Paman Birin, dihadiri Ketua DPRD Kalsel Supian HK, dan bupati/wali kota atau yang mewakili, kepala Bappeda dari 14 kabupaten/kota, dan pejabat dari instansi terkait lainnya.

Baca Juga