Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Upacara HBI 2019 dipusatkan di Kanim Banjarmasin

Upacara HBI 2019 dipusatkan di Kanim Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – 2018 Senin (28/01) Pagi, bertempat di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin dilaksanakan Upacara Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Tahun 2019 yang Ke-69. Dalam sambutannya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H Laoly yang dibacakan langsung Kepala Kantor Wilayah, Ferdinand Siagian selaku inspektur upacara,

IMG 20190128 WA0014
“Tahun 2019 adalah tahun terakhir RPJMN 2015-2019 sekaligus tahun awal persiapan jelang RPJMN 2020-2024 dimanah tahun ini juga tahun politik yang harus kita sikapi secara bijak dan optimis untuk menyelesaikan target-target yang menjadi tanggung jawab kita secara tuntas dan berkualitas,” bacanya.

IMG 20190128 WA0011

Upacara puncak HBI Ke-69 dihadiri para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pengawas dan Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi Se-Kalsel, dan para undangan dari Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Ombudsman, TNI dan rekan-rekan media.

Semangat kolaborasi terus dikobarkan sebagaimana telah diikrarkan pada Janji Kinerja Tahun 2019 mengingat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) memiliki 11 unit eselon I (satu) dengan berkolaborasi dan bergandengan melayani masyarakat agar memperoleh kepastian hukum dan mewujudkan peraturan perundang-undangan, pelayanan hukum, penegakan hukum yang berkualitas dan penghormatan, pemenuhan, perlindungan Hak Asasi Manusia serta mewujudkan layanan manajemen administrasi, aparatur yang profesional dan berintegritas.

IMG 20190128 WA0013Ditambahkan lagi, “Hari ini genap 69 tahun jajaran Keimigrasian menjalankan tugas dan fungsi secara profesional sebagai penjaga pintu gerbang negara kesatuan Republik Indonesia dan sekaligus menjadi pelayan masyarakat dalam pemberian layanan Keimigrasian khususnya dalam hal menjaga stabilitas negara dari potensi gangguan asing.” baca Inspektur Upacara, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian.

BACA JUGA :  Ditangkap Polda, Diperiksa Sat Narkoba Polres Banjar, Minimal 4 Tahun Koh Malimen Mendekam di Penjara

Adapun 5 poin penting dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly pada Hari Bhakti Imigrasi Tahun 2019 yaitu: 1. Bersama-sama meningkatkan citra positif Keimigrasian melalui restrukturisasi sistem informasi manajemen Keimigrasian yang terbaru; 2. Optimalisasikan pengawasan Keimigrasian melalui peran kinerja Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) pada saat pelaksanaan penerbitan Paspor dan keberangkatan warga negara Indonesia di tempat pemeriksaan Imigrasi serba penggunaan QR Code secara nasional; 3.Lakukan penegakan hukum Keimigrasian yang tepat sasaran; 4.Peningkatan kualitas layanan Paspor elektronik dan pengolahan data anak berkewarganegaraan ganda; 5.Peningkatan status 4 Unit Pelaksana teknis (UPT) yang telah meraih status Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) menjadi status Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan menargetkan 1 UPT Keimigrasian pada masing-masing Kantor Wilayah untuk mendapatkan status WBK.

Pada acara upacara HBI Tahun 2019 ini dibacakan sejarah singkat tentang Keimigrasian oleh Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnida dan ditutup dengan acara syukuran yang dipusatkan pada Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin ini dimana sebelumnya juga dilakukan berbagai kegiatan di Kantor Wilayah, Kantor Imigrasi Banjarmasin dan Batulicin baik sosial dan olahraga diantarinya layanan paspor Simpatik atau pelayanan paspor buka pada hari libur dan pelayanan khusus untuk para lansia atau orang sakit atau mobile paspor, selain itu kegiatan lainnya seperti sosialisasi ke Sekolah-sekolah dan gerak jalan santai serta beberapa cabang pertandingan antar pegawai termasuk kegiatan upacara tabur bunga dimana semua dilaksanakan untuk merayakan hari ulang tahun Imigrasi Ke-69.

BACA JUGA :  Paman Birin Sebut Hari Pramuka Momen Tingkatkan SDM

Sementara itu Kepala Divisi Keimigrasian, Dodi KH Atmaja disela-sela kegiatan menyampaikan, ” Dengan HBI yang ke-69 dan tahun depan akan menjadi usia ke 70 yaitu usia yang hampir sama dengan usia NKRI, seluruh jajaran keimigrasian Kalimantan Selatan memantapkan kembali tekad untuk menjadi birokrasi berkelas dunia sebagaimana tercantum dalam Mars Kemenkumham yaitu menjadikan Indonesia Jadi Bangsa Kelas Dunia. Tekad kami itu antara lain ditandai dengan mencanangkan Kanim Banjarmasin sebagai Satuan Kerja berstatus Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang nantinya akan diuji oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) bersama-sama dengan Ombudsman dan instansi terkait lainnya”.

Selamat Hari Bhakti Imigrasi Ke-69 bagi seluruh insan Imigrasi dimanapun bertugas, jadilah penjaga pintu gerbang negara yang selalu menjaga kedaulatan negara dengan penuh keikhlasan. Sebagai insan Imigrasi untuk selalu berbuat baik dengan cara bekerja, bekerja lebih keras dan bekerja lebih keras lagi “No matter what burden that you fell, get up, dress up, show up, and never give up.” Semoga Imigrasi semakin PASTI AKRUAL (Aktif, Kreatif, Terpercaya, Unggul, Amanah, dan Logis).(humas kanwil)

Baca Juga