Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Lupa Diserahterimakan, Bangunan Pasar di Desa Palingkau Jaya Rusak

Lupa Diserahterimakan, Bangunan Pasar di Desa Palingkau Jaya Rusak

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KUALA KAPUAS – Tidak difungsikannya bangunan pasar Kawasan Perdesaan, di Desa Palingkau Jaya kecamatan Kapuas Murung, hingga terbengkalai.

Beberapa bagian bangunan tampak rusak dan terkesan mubazir. Pasalnya sudah lebih tiga tahun dibangun, pasar tersebut belum juga difungsikan dan diserahterimakan Disperindagkop Kapuas, kepada pemerintah Desa Palingkau Jaya

IMG 20230531 WA0008
Bangunan pasar di Palingkau Jaya yang belum diserahkan dan difungsikan

Kondisi sebagian bangunan pasar kawasan Pedesaan saat ini memprihatinkan.

Selain pintu-pintu WC rusak dan bolong, pada pipa paralon septitank juga pecah, terlihat jorok dan tidak terawat.

Bangunan yang merupakan Program Dinas Perindagkop Kabupaten Kapuas pada tahun 2019 lalu menjadi keluhan warga sekitar. Sebab hingga saat ini belum dimanfaatkan.

Kepala Desa Palingkau Jaya, Lambang Jaya mengungkapkan, sejak berdirinya bangunan tersebut dan hingga kini belum juga diserahterimakan kepada pihak pemdes palingkau jaya.

BACA JUGA :  Bupati Ben Brahim : Dengan Kebersamaan Karhutla Kapuas Dapat Diatasi

“Sejak dibangun tidak pernah ditempati, kosong sampai sekarang. Sampai sampai sebagian bangunan rusak dan terlihat mubazir,” katanya sembari menunjuk ke arah pasar tersebut.

Tidak difungsikannya bangunan pasar ini disebabkan dalam beberapa tahun tidak ada diserahterimakan oleh Disperindagkop Kapuas kepada pihak pemdes palingkau jaya.

“Selain itu, seandainya sudah diserahterimakan kepada kami,” ujar kades Lambang, kami pemdes akan merawat dan memfungsikannya. Padahal tanah pasar ini hibah dari desa palingkau jaya.

Kemudian ditambahkannya lagi, akibat tidak difungsikannya bangunan pasar saat ini pasar perdesaan menjadi salah satu tempat kumpul muda-mudi warga desa palingkau jaya di malam hari.

BACA JUGA :  Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga

Dia berharap kepada pemerintah segera melakukan serahterima dan melakukan perbaikan terhadap pasar ini dan segera memfungsikan nya.

Jika hal ini dibiarkan, maka dipastikan bangunan pasar ini akan tambah rusak,” tutur Kades Palingkau Jaya, Lambang Jaya, pada Jumat, 26 Mei 2023.

Ditempat terpisah, Kabid Perdagangan, Anita Sumarni mengatakan karena kesibukan kami, sehingga sampai sekarang belum dilakukan serahterima bangunan pasar tersebut, kemaren kami kelupaan belum terserahkan kepada pihak desa, biasanya begitu bangunan selesai akan difungsikan,” kata Anita Sumarni. Selasa (30/5/2023).

“Namun, tahun kemaren bagian aset pernah mengecek kesana. Nanti akan kita koordinasikan dengan PPTK dan bagian aset, agar mengecek kembali kondisi bangunan pasar yang rusak itu,” pungkasnya.(Gus)

Baca Juga