Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Membingkai Harapan Anak Pesisir Melalui Yayasan Segaris Senyum Gemilang

Membingkai Harapan Anak Pesisir Melalui Yayasan Segaris Senyum Gemilang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Berlokasi di Desa Pulau Burung Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) puluhan anak-anak pesisir terlihat penuh kegembiraan dan keceriaan menyambut kedatangan rombongan Yayasan yang menamakan diri Segaris Senyum Gemilang. Sabtu (10/6).

Melalui Yayasan ini hadir memberikan berbagai program peningkatan literasi mereka seperti belajar membaca, menulis, menggambar serta berbagai program lainya untuk anak-anak pulau burung.

Menurut Kasmah (31) warga desa pulau burung, yayasan ini sangat membantu semangat anak-anak untuk belajar, mereka terlihat antusias mengikuti proses pembelajaran yang dipandu oleh guru dari yayasan.

‘Saya sangat senang melihat anak-anak mengikuti pelajaran, begitu semangat dan antusias, saya berharap pada yayasan kegiatan ini bisa berlanjut,” tuturnya.

Senada yang disampaikan Muhammad Halim, kedatangan yayasan ini ke desa pulau burung sangat tepat, dikarenakan pendidikan di desa ini bisa dikatakan masih minim, anak-anak masih banyak memerlukan pendidikan di luar formal, lantaran akses ke kota harus menggunakan jalur laut.

BACA JUGA :  Pemkab Tanbu Gelar Operasi Pasar Murah Untuk Tekan Inflasi 

“Anak-anak disini kurang penyegaran, dengan adanya kegiatan ini semoga para orang tua termotivasi untuk mendorong anaknya untuk terus belajar,” katanya.

Afrida Eka Yuniarti selaku Ketua Yayasan Segaris Senyum Gemilang, mengaku sangat senang berkunjung ke pulau burung, masyarakatnya ramah dan santun.

“Saya akan programkan kembali untuk belajar bersama anak-anak disini, mereka begitu antusias mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru, ujar Eka sapaanya yang mengaku pertama kalinya sejak dibentuknya yayasan ini melaksanakan kegiatan sosial.

Lanjutnya, yayasan ini bisa memberikan bentuk perhatian dan kepedulian terhadap anak-anak nelayan pesisir pulau burung, dengan tujuan memberikan bantuan sosial serta kepedulian masyarakat Tanbu mendapatkan senyum bahagia.

Alasan mengapa pulau burung menjadi tujuan kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah Desa Pulau burung ini jarak dan aksesnya jauh dari perkotaan dan sangat memerlukan perhatian dari segi pendidikan khususnya anak-anak nelayan pesisir.

Sekretaris Desa Pualau Burung Misnawati mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan yayasan segaris senyum gemilang di desanya, karena memberikan dampak positif pada masyarakat

BACA JUGA :  Jelang Nataru Kapolres Tanbu Pimpin Langsung Pengecekan Pos Pelayanan dan Sterilisasi Tempat Ibadah.

“Kami selaku Pemerintah Desa Pulau Burung sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada Yayasan Segaris Senyum Gemilang yang telah melakukan sosial di desa Kami,” Katanya.

Seperti kita ketahui, Desa pulau burung ini mempunyai Sekolah Dasar Tunas Nelayan yang berjumlah 14 orang, dan terletak diselat laut Tanbu- Kotabaru, yang akses menuju kepusat kota pun harus menggunakan kapal motor perahu, dan sebagian penduduknya merupakan mayoritas nelayan.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi desa kami mendapatkan perhatian dan diberikan bimbingan belajar kepada anak-anak nelayan di Desa kami, apalagi tadi belajarnya menyatu dengan alam tidak seperti belajar didalam ruangan yang dapat membuat anak jenuh,” bebernya.

“Kami berharap kedepannya kegiatan seperti ini terus dilaksanakan tidak hanya sampai disini, seperti kita lihat tadi anak-anak sangat bahagia dan gembira mendapatkan bimbingan belajar dan bermain dengan guru yang telah dibawa oleh Yayasan ini,” tutupnya. (MHL).

Baca Juga