Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Pemkab Banjar Resmikan Pasar Hewan Karang Intan tahap I dan…

Pemkab Banjar Resmikan Pasar Hewan Karang Intan tahap I dan Groundbreaking pembangunan tahan II di Desa Padang Panjang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar resmikan Pasar Hewan Karang Intan tahap I dan Groundbreaking pembangunan tahan II di Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar pada, Senin 10 Juli pagi.

Bupati Banjar, H. Saidi Masnyur mengatakan, sektor peternakan, di Kabupaten Banjar menempati urutan kedua setelah tanah laut dengan memiliki ternak sapi 19.542 ekor.

Peresmian tahap 1 dan groundbreaking pembangunan tahap 2 dilakukan langsung oleh Bupati Banjar beserta istri dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Saidi Mansyur mengatakan, pasar hewan ini merupakan inisiatif pemerintah daerah untuk memberikan pembangunan infrastruktur disektor peternakan. Selama ini kontribusi dalam sektor peternakan khususnya jual beli maupun pengembangan dan bertukar informasi ada di kabupaten/kota lainnya.

BACA JUGA :  Nanang Galuh Banjar 2019, Peserta Bakal Menyusut Sembilan Pasang

“Melalui peresmian pasar hewan ini, ia berharap agar dipelihara, dirawat dan dijaga dengan baik,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor 1 di pemkab Banjar ini mengingatkan, agar selalu menjaga kelestarian lingkungan sekitar pasar hewan dengan tetap memperhatikan aspek kebersihan, pengelolaan limbah, dan kesehatan hewan yang menjadi tanggung jawab bersama.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Pertanian Nurul Chotimah menyampaikan, pembangunan pasar hewan tersebut bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banjar dengan dua tahap. Tahap 1 tahun 2022 lalu meliputi kandang tambat beserta sarana penunjang lainnya yang diperkirakan mampu menampung 40 hingga 50 ekor sapi dengan dana sebesar Rp800 juta.

BACA JUGA :  Selamatan Tanam Padi Banjar Sapa dan Bawang Merah Desa Pejambuan

Sedangkan Pembangunan tahap 2 akan dilaksanakan pada minggu kedua Juli 2023 sebanyak dua unit kandang tambat dan tambahan fasilitas penunjang lainnya yang diperkirakan mampu menampung lebih dari 150 ekor sapi dengan dana sebesar Rp1,2 miliar.

“Fasilitas penunjang dimaksud, selain kandang tambat yakni puskes hewan, IPAL, musala, loading dock, pos jaga, gerbang dan sculpture sapi,” tutupnya.

Reporter : Mada Al Madani
Editor : Nasrullah

Baca Juga