Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Bupati Tanbu: Persoalan Sampah Semakin Hari Makin Rumit 

Bupati Tanbu: Persoalan Sampah Semakin Hari Makin Rumit 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) persampahan. 

Kegiatan ini dibuka Bupati melalui melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Mukhlis, selasa (1/8) di Hotel Ebony Batulicin.

Dia menyambut baik dan mengapresiasi dengan di laksanakannya kegiatan pembinaan teknis infrastruktur persampahan.

“Ini penting bagi kita semua. Utamanya untuk menghasilkan kesepahaman terhadap permasalahan pengelolaan sampah yang semakin hari semakin rumit, jika tidak segera di ambil kebijakan, berpotensi memperparah laju kerusakan lingkungan,” ucapnya.

BACA JUGA :  Panggung Mappanre Ri Tasi'e di Tanbu Diisi Tablik Akbar

Menurutnya, menangani sampah memang persoalan yang tidak mudan, karena semakin meningkatnya jumlah penduduk di barengi pula dengan semakin tingginya tingkat konsumsi dan tidak sebanding dengan ketersediaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk menampungnya.

Mukhlis menambahkan salah satu pilar pelaksanaan tata kepemerintahan yang baik adalah komitmen pada lingkungan hidup.

Itu berarti diperlukan penanganan pengelolaan sampah yang tetap berasaskan pada pelestarian lingkungan hidup.

Agar pengelolaan sampah dapat terorganisir dengan baik, juga diperlukan peran penting sektor swasta melalui konsep kemitraan bersama, serta adanya aturan hukum yang tegas menguraikan hak dan kewajiban seluruh komponen yang terlibat dalam pengelolaan sampah.

BACA JUGA :  Hari Pertama Jabat Plt Kepala BPKAD H Syamsuddin Usahakan Pembayaran Gaji ASN Dalam 3 Hari Kedepan.

Kepala Dinas PUPR Tanbu melalui Sekretaris Muhammad Yusri mengatakan tujuan kegiatan ini agar Kelompok Pemanfaat dan Pemberdaya (KPP) dan masyarakat memahami teknis pengelolaan dan infrastruktur persampahan.

“Ada 75 peserta yang mengikuti terdiri dari Kepala Desa, KPP, Petugas Pengelolaan Sampah, dan SKPD terkait,” ujar Yusri. (MHL)

Baca Juga