Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. BPBD Banjar Siaga Hadapi Karhutla

BPBD Banjar Siaga Hadapi Karhutla

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Posko penanganan darurat bencana Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) dan Kekeringan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, di Indrasari mendapatkan informasi terjadi kebakaran hutan dan lahan di kawasan Martapura Barat tepatnya di Desa Sungai Rangas atau di belakang Polsek setempat, Kamis (3/8/2023)

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Warsita, di kantornya, Jumat (4/8/2023).

”Mendapatkan informasi tersebut sebagian rekanan yang berada di tempat langsung menuju lokasi Karhutla,” ucap Warsita.

BACA JUGA :  Sebanyak 27 Anggota Paskibraka Kabupaten Banjar Dikukuhkan Wabup Banjar

Setelah melakukan koordinasi, dikatakan Warsita tim gabungan terdiri dari BPBD, TNI/Polri dan PMI langsung melakukan pemadaman menggunakan peralatan yang telah disiapkan. Penanganan tim yang solid berhasil melakukan pemadaman sekitar dua jam.

”Adapun luas lahan terbakar sekitar 1 hektare. Vegetasi yang terbakar adalah semak belukar, purun dan juga bindrang,” ucapnya.

Jumat (4/8/2023) Karhutla juga terjadi di belakang Kantor Kecamatan Cintapuri Darussalam yang di informasikan oleh Tim Gabungan Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Raperda APBD 2022 Banjar Selesai

BPBD menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi titik api. TRC BPBD Banjar bersama Tim Gabungan dan Karyawan CV Cintapuri Pratama langsung ke lokasi dan melakukan penanganan.

Api berhasil dipadamkan dengan luasan lahan terbakar sekitar 0,2 hektare. Vegetasi yang terbakar adalah semak belukar dengan waktu penanganan sekitar 1 jam

Baca Juga