Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. DKUKMPP Balangan Gelar Penyuluhan Metrologi Legal

DKUKMPP Balangan Gelar Penyuluhan Metrologi Legal

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Balangan, adakan penyuluhan tentang metrologi legal, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Selasa (8/8/2023).

Turut berhadir Camat Lampihong, Muhammad Arsyad, Kabid Standarisasi, Stabilisasi, Pengawasan dan Perdagangan Balangan, Riza Kurniawan, Kepala Balai SML Regional III, Aen Jueni serta masyarakat setempat.

Diketahui metrologi legal merupakan ilmu dan praktik pengukuran yang diatur oleh hukum dan diarahkan untuk memastikan akurasi dan keandalan pengukuran dalam berbagai sektor seperti perdagangan, industri, kesehatan dan lingkungan.

BACA JUGA :  Sosialisasi Peningkatan Partisipasi dan Peran Perempuan Dalam Dunia Politik

Sehingga hal inilah yang menjadi dasar pemerintah daerah untuk berupaya melakukan edukasi kepada masyarakat secara luas terutama pemilik alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP).

Disampaikan Kabid Standarisasi, Stabilisasi, Pengawasan dan Perdagangan Kabupaten Balangan, Riza Kurniawan, bahwa penyuluhan ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat bisa memahami pentingnya menggunakan alat ukur yang memiliki sertifikat keakuratan dari lembaga metrologi terpercaya.

BACA JUGA :  Raperda Disahkan, Balangan akan Rampingkan SKPD

Sementara itu, Camat Lampihong, Muhammad Arsyad, sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan penyuluhan tersebut.

Menurutnya hal ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya metrologi legal yang berkualitas dan pelaku usaha dapat memahami serta menerapkan aturan-aturan tentang metrologi legal.

Untuk itu, Muhammad Arsyad berharap melalui kegiatan seperti ini dapat tercipta lingkungan bisnis yang lebih adil, transparan dan memiliki produk-produk yang lebih berkualitas.

Baca Juga