Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Harjad ke-73 Provinsi Kalsel, Kelurahan Guntung Manggis, Terima Piala Juara…

Harjad ke-73 Provinsi Kalsel, Kelurahan Guntung Manggis, Terima Piala Juara Terbaik 1

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Ariffin didampingi Lurah Guntung Manggis Zikru Rakhman menerima piala penghargaan juara Terbaik 1 dalam lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023.

Piala penghargaan itu diserahkan dalam momentum Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-73 yang diselenggarakan di Nol Kilometer Siring Sungai Martapura Banjarmasin atau depan kantor lama Gubernur Kalsel di Kota Banjarmasin, Selasa (15/8/2023).

Wali Kota Banjarbaru saat dikonfirmasi, mengungkapkan apresiasi luar biasa atas kerja keras seluruh jajaran Kelurahan Guntung Manggis. Ia juga berharap pencapaian ini dapat memacu Kelurahan lain yang ada di Banjarbaru untuk dapat berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, harapan kita semoga di tahun-tahun yang akan datang kelurahan lain di Banjarbau juga dapat meraih juara. Pada intinya komunikasi antara pihak Kelurahan dan Masyarakat harus terjalin baik dan saling mendukung untuk memajukan wilayahnya. Dengan begitu, Insyaallah pasti bisa meraih juara,” tutur Aditya.

BACA JUGA :  IMI Kalsel Gelar Rakerprov.

Adapun Kelurahan Guntung Manggis berhasil terpilih sebagi juara dalam lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi lewat berbagai program unggulan yang digagas oleh Wali Kota Aditya. Program yang tentunya mengutamakan pelayanan yang dikhususkan untuk memudahkan masyarakat dan memajukan wilayah itu sendiri.

Program-program Kelurahan Guntung Manggis yang berhasil dilaksanakan di antaranya, pelaksanaan Jemput Bola (Jebol) yaitu melaksanakan pendataan warga tidak mampu yang belum termasuk dalam DTKS dan PKH untuk dapat dicarikan bantuan melalui kerjasama dengan Yayasan Insan Berkah Mulia, serta pendataan rumah tidak layak huni untuk dapat dibantu dalam hal renovasi.

Minggu Babarasih (Mibar), pelaksanaan program gotong royong kebersihan lingkungan di tingkat RT. Sadar Pajak Dari Diri Sendiri (Sajari) yaitu dalam rangka peningkatan pendapatan pajak PBB dengan mencantumkan data lunas PBB tahun berjalan dalam setiap layanan kelurahan.

Konsultasi pelayanan melalui WhatsApp, yaitu program konsultasi masyarakat kepada petugas pelayanan melalui pesan daring, seperti menanyakan persyaratan suatu layanan serta untuk pengaduan pelayanan di kelurahan.

BACA JUGA :  Saidi Mansyur Bantu Warganya Yang Tertimpa Musibah Angin Puting Beilung.

Hingga Aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kelurahan dan Kecamatan (SIAPKK) yaitu program aplikasi yang bisa diakses secara online untuk mengurus salah satu layanan yang ada di kelurahan.

“Dukungan bapak Wali Kota dan kerjasama masyarakat di Kelurahan Guntung Manggis sangat besar. Adanya program- program yang dijalankan ditingkat kelurahan, seperti program RT mandiri untuk peningkatan ekonomi pasca Covid-19, homecare untuk lansia, pelayanan berbasis elektronik, serta pemberian pelatihan UMKM berupa kerajinan rajutan yang dibina Ketua TP PKK Kota Banjarbaru,” kata Lurah Zikru.

Atas raihan juara Terbaik 1 ini, Kelurahan Guntung Manggis mewakil kelurahan dan desa lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan berkesempatan untuk mengikuti Lomba Desa/Kelurahan di tingkat regional. Dalam hal ini, Lurah Zikru meminta dukungan masyarakat Banjarbaru khususnya masyarakat Guntung Manggis agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam lomba tingkat regional nantinya.

Baca Juga