Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Paman Birin Sebut Hari Pramuka Momen Tingkatkan SDM

Paman Birin Sebut Hari Pramuka Momen Tingkatkan SDM

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, Pelaihari – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Kalsel didapuk menjadi pembina upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 Tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Kalsel di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut, pada Sabtu (2/9) pagi.

Puncak peringatan Hari Pramuka ini dimulai dengan tarian Kuda Gepang khas Kalsel dilanjutkan oleh sambutan atraksi pencak silat yang kemudian diikuti oleh sebuah kreasi parade tarian nusantara.

Tampak hadir Ketua Kwartir Daerah Kalsel, Hj. Raudatul Jannah, Ketua Kwarcab Tanah Laut, Drs. H. Dahnial Kifli, pimpinan Forkopimda Kalsel serta sejumlah Kepala SKPD lingkup Provinsi Kalsel.

Pada kesempatan tersebut, Paman Birin selaku pembina upacara membacakan amanat dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso.

BACA JUGA :  Paman Birin Anugerahkan Penghargaan kepada SKPD atas Pelayanan Publik Prima

Disebutkan Paman Birin, peringatan Hari Pramuka yang mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”,memberikan dorongan yang sangat diperlukan bagi gerakan Pramuka. Dengan fokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang lebih profesional.

“Selain sumber daya manusia, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara.” ungkap Paman Birin.

Paman Birin juga menjelaskan bahwa pada tahun ini akan diselenggarakan sejumlah kegiatan pramuka di tingkat nasional.

BACA JUGA :  Hanif Resmi Jabat Sekretaris Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan

“Tahun ini juga akan dilaksankan kegiatan-kegiatan seperti Raimuna tingkat Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka), Bhakti Husada tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra-Putri Nasional (Muspanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh.”terang Paman Birin seraya menghimbau untuk bersama-sama mendukung acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Paman Birin juga melakukan penyematan Lencana Melati yang salah satunya diberikan kepada Ketua Kwartir Daerah Pramuka Kalsel, Hj. Raudatul Jannah.

Selain itu, Paman Birin juga memberikan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa kepada 90 anggota dewasa Gerakan Pramuka.

Acara kemudian ditutup oleh pemotongan nasi tumpeng oleh Paman Birin dilanjutkan dengan acara foto bersama.

Baca Juga