Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Peringatan HSN di Kota Santri Martapura, Pamerkan Perjuangan Santri Menimba…

Peringatan HSN di Kota Santri Martapura, Pamerkan Perjuangan Santri Menimba Ilmu

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur saat meninjau stand pondok pesantren tempat perjuangan santri menimba ilmu, Minggu (22/10/2023) Sumber: Kominfo
Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur saat meninjau stand pondok pesantren tempat perjuangan santri menimba ilmu, Minggu (22/10/2023) Sumber: Kominfo

Headline9.com, MARTAPURA – Peringatan hari santri nasional (HSN) 2023 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha, Kota Santri Martapura, tampilkan perjuangan santri menimba ilmu agama, Minggu (22/10/2023).

Kegiatan yang berlangsunh selama sepekan ini diikuti oleh berbagai peserta Pondok Pesantren (Ponpes) di Kalimantan Selatan (Kalsel). Dengan berbagai lomba, seperti lomba syair Maulid Habsy, pidato bahasa arab, kirab santri, pameran, dialog dengan tema santri serta bazar UMKM yang dapat meningkatkan kreatifitas perekonomian pelaku usaha.

Ketua Tanfiziah PC NU Kabupaten Banjar, Nuryadi, mengatakan, santri tidak akan pernah terlepas dengan Ponpes untuk menimba ilmu agama dan mengamalkan.

“Ketika kita bicara tentang ponpes, maka tak dapat dilepaskan dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) karena yang mendirikan dan mengembangkan NU adalah pemimpin-pemimpin di ponpes. Artinya antara santri, ponpes dan NU tak bisa dipisahkan,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kajian Sementara, Kerugian Akibat Banjir Capai Rp434 Miliar

Nuryadi mengatakan, peringatan HSN akan menjadi agenda rutin di Kabupaten Banjar, karena sangat didukung oleh Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur

“Beliau (saidi) menginginkan kegiatan Hari Santri kali ini harus lebih baik dan mantap dari sebelumnya,” ujar Nuryadi.

IMG 20231022 WA0169
Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur saat membuka Peringatan Hari Santri (HSN) 2023 di RTH Ratu Zalecha Martapura. Sumber: Kominfo.

Ditambahkan oleh, Bupati Banjar H Saidi Mansyur, dirinya mengapresiasi Hari Santri dapat dilaksanakan tahun ini dan akan menjadi motivasi bagi pemerintah daerah agar terus bersemangat dalam pembangunan.

BACA JUGA :  Sisa Batang Kayu di Kawasan Datu Bagul Diincar Peziarah

Menurut Saidi, dengan adanya perjuangan para ulama, maka tugas pemerintah daerah meneruskan dengan hal positif, menjaga kesatuan dan persatuan dalam membangun daerah.

“Semoga kegiatan Hari Santri ini juga menjadi daya tarik bagi masyarakat mengenal lebih jauh ponpes yang ada di Kabupaten Banjar dan menjadi semangat bagi masyarakat untuk menjadi santri,” harapnya.

Tidak hanya itu, Saidi juga mengucapkan terima kasih kepada Ponpes dari luar Kabupaten Banjar yang menjadi peserta, menurutnya akan membawa dampak positif bagi daerah masing-masing.

Santri memiliki banyak makna, simbol HSN 2023 mandiri sabar menjadi simbol pengingat untuk bisa melihat perjuangan bagi untuk bisa melihat perjuangan para ulama pendahulu hingga sekarang. “Mari kita doakan agar para santri bisa berdedikasi untuk bangsa dan negara,” pintanya.

Reporter: Mada Al Madani
Editor: Nasrullah

Baca Juga