Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Festival Pasar Terapung Lok Baintan: Memperkuat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif…

Festival Pasar Terapung Lok Baintan: Memperkuat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar, melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, menggelar Festival Pasar Terapung Lok Baintan di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, pada Minggu pagi, 19 November 2023.

Festival berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 18 hingga 19 November 2023, menampilkan beragam kegiatan seperti lomba jukung hias tradisional, balap jukung B2 acil Lok Baintan, lomba videografi on the spot, bazar terapung ekraf, serta pentas seni budaya.

headline9.com

Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, berharap acara ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara dan sekaligus memberikan peningkatan pendapatan bagi pelaku ekonomi lokal. Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif Kabupaten Banjar, baik di skala nasional maupun internasional.

BACA JUGA :  Kabupaten Banjar Tertinggi Kasus DBD, Bupati Keluarkan Surat Edaran

Saidi juga mengimbau kepada instansi pemerintah terkait, seperti Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, untuk berfokus pada upaya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Desa Lok Baintan. Hal ini diharapkan dapat mendukung pengembangan industri lokal.

BACA JUGA :  Jelang Haul ke 218 Datu Kelampayan, Polres Banjar Gelar Latpam Gabungan

Sementara itu, Plt Kepala Disbudporapar, Rija Rusadi, menjelaskan festival pasar terapung Lok Baintan diselenggarakan sebagai upaya bersama untuk melestarikan dan menjaga tradisi budaya yang menjadi warisan masyarakat daerah Sungai Martapura, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Even tahunan ini mengusung konsep Hybrid dengan tema “Pesona Susur Sungai Orang Banjar”. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan di dermaga Sungai Pinang Lama, tahun ini festival dilaksanakan di desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, dengan anggaran sebesar Rp300 juta.

Baca Juga