Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Jelang Haul ke-19 Guru Sekumpul, Ruas Jalan Kabupaten Banjar Berbenah…

Jelang Haul ke-19 Guru Sekumpul, Ruas Jalan Kabupaten Banjar Berbenah Lagi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Suasana Haul Guru Sekumpul ke 18, tahun 2023. Dihiasi jutaan jamaah yang hadir dari berbagai daerah hingga negara. (Foto: Istimewa)

Headline9.com, MARTAPURA – Jelang pelaksanaan Haul Guru Sekumpul ke-19, sejumlah ruas jalan yang merupakan kewenangan Pemkab Banjar bakal dibenahi. Termasuk, beberapa titik yang menjadi akses vital menuju lokasi kegiatan haul.

Kabid Bina Marga Dinas PUPRP Kabupaten Banjar, Jimmy, mengungkapkan, pihaknya sudah menggelontorkan anggaran Rp8,7 miliar. Di mana, ada lima segmen ruas jalan yang menjadi fokus pemeliharaan.
Ini, lanjutnya, juga sudah dilaksanakan 6 Juli 2023 lalu melalui program aerocity.

“Kita menangani ruas jalan Veteran menuju tempat pemancingan Haji Junai, dari jembatan irigasi hingga kelokan ruas jalan merdeka, ruas jalan Cindai Alus, ruas jalan tempat pemancingan Al Fatih menuju batas Kota Banjarbaru, dan segmen 5 sebelum batas Kota Banjarbaru,” ungkap dia, Di ruang kerjanya, Jumat (5/1/2024) petang.

BACA JUGA :  Saidi Buka Kejuaraan Voli PGRI

Tak hanya itu, ia membeberkan, jauh sebelum wacana pelaksanaan Haul Guru Sekumpul ke-19 tahun 2024, pihaknya sudah melakukan antisipasi dan mitigasi jalan rusak.

“Juli – Agustus 2023 kita sudah mendapat informasi terkait pelaksanaan Haul Guru Sekumpul. Meski kita belum mengetahui kapan tanggal resmi pelaksanaannya, melalui APBD-P (Perubahan) langsung melakukan percepatan perbaikan jalan yang sering dilintasi pada jamaah haul,” tutur Jimmy.

Selanjutnya, sebagai langkah persuasif menjelang pelaksanaan Haul Guru Sekumpul ke-19, pihaknya juga sudah melakukan peningkatan (upgrade) kualitas jalan disejumlah titik. “Di antaranya jalan Candra Kirana, Desa Indrasari, batas Kota Banjarbaru – Martapura,” beber dia.

BACA JUGA :  Workshop Ekonomi Kreatif Pembuatan Sablon di Desa Lokbaintan

Namun, ungkap Jimmy, ada beberapa titik yang kembali dilakukan penangan. Tetapi, masih dalam tahap pendataan.

“Untuk besaran anggaran yang diperlukan untuk penanganan jalan kurang lebih Rp300 juta sampai Rp400 juta,” paparnya.

Ia menjelaskan, fokus utama pihaknya saat ini di Dinas PUPRP Kabupaten Banjar khususnya bidang urusan jalan dan jembatan (Bina Marga, red) ini tengah memprioritaskan akses kelancaran kegiatan Haul Guru Sekumpul ke-19 yang bakal digelar tahun ini.

“Yang jelas, tujuannya adalah untuk memudahkan jamaah haul baik menuju lokasi kegiatan atau pun arah sebaliknya,” tutupnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga