Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Pemuda Tanbu Diberangkatkan Untuk Ikuti Pelatihan Kerja

Pemuda Tanbu Diberangkatkan Untuk Ikuti Pelatihan Kerja

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melepas keberangkatan belasan peserta untuk mengikuti pelatihan kerja, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Pelepasan oleh Bupati Tanbu HM. Zairullah Azhar melalui Kepala Dinas Sosial Tanbu Basuni, Rabu (3/1/2024) di Batulicin.

Kepala Dinas Sosial Tanbu, Basuni mengatakan ada sebanyak 15 remaja dan dewasa yang berangkat mengikuti pelatihan kerja tersebut.

Rinciannya, sebanyak enam orang mengikuti pelatihan di Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Barakat Cangkal Bagawi (PRSTS BCB) Kalimantan Selatan (Kalsel), diantaranya mengikuti pelatihan tata rias, tata busana, dan perbengkelan.

BACA JUGA :  Bupati Tanah Bumbu Kunjungi Stand UMKM dan SKPD di Pesta Pantai

Sedangkan Sembilan orang lainnya mengikuti pelatihan di Panti Relindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja (PRRSAR) Mulia Satria Kalimantan Selatan.

Untuk mengikuti pelatihan tata busana, barista, perbengkelan, otomotif, tata rias, mebel alumunium, dan servis handphone.

Adapun pelatihan tersebut merupakan kerjasama Pemkab Tanbu dan Pemerintah Provinsi Kalsel.

Basuni berharap melalui pelatihan keterampilan kerja kualitas SDM di Bumi Bersujud meningkat, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dan berkurangnya kemiskinan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Tanbu, Maulidah menambahkan sebelumnya pihaknya melakukan seleksi peserta yang akan mengikuti pelatihan keterampilan kerja.

BACA JUGA :  Zairullah Resmikan Kantor Sementara Kecamatan Persiapan rejo Mukti Barokah

“Peserta yang mengikuti seleksi berasal dari 12 Kecamatan se-Tanbu, 15 orang yang berangkat hari ini merupakan hasil seleksi,” ungkapnya.

Maulidah mengatakan syarat mengikuti pelatihan untuk PRSTS BCB yakni usia 18-49 tahun, miskin, bukan lulusan SMK, tidak pernah mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), dan berdomisili di Tanbu.

Sedangkan syarat mengikuti pelatihan kerja di PRRSAR Mulia Satria yaitu usia 15-17 tahun, miskin, putus sekolah, tidak pernah mengikuti pelatihan di BLK, dan berdomisili di Tanbu. (MHL)

Baca Juga