Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kapuas
  4. »
  5. Musrenbang Kecamatan Mantangai Tahun 2024 Di Gelar

Musrenbang Kecamatan Mantangai Tahun 2024 Di Gelar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KUALA KAPUAS – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas digelar di aula kantor Kecamatan Mantangai, Kamis (11/1/2024).

Kegiatan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Jaya juga dihadiri Wakil Ketua I DPRD Kapuas Dapil IV Yohanes bersama anggota DPRD Kapuas lainnya. Turut hadir Camat Mantangai Yubderi beserta jajaran, unsur Forkopimcam, Instansi terkait, perwakilan Perangkat Daerah (PD), para kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Camat Mantangai Yubderi mengatakan, Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas.

“Dalam Musrenbang tercantum daftar usulan rencana kegiatan pembangunan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kabupaten,” kata Yubderi.

“Terwujudnya harmonisasi dan sinergisitas program pembangunan antar jenjang pemerintahan, masyarakat menjadi tujuan utama dalam Musrenbang kecamatan ini,” katanya.

BACA JUGA :  PWRI Kapuas Gelar Halal Bihalal Rekatkan Kebersamaan, Ini Pesan Bupati Kapuas

“Adapun usulan yang kita sampaikan dalam forum Musrenbangcam ini dengan usulan 217 dari 38 desa yaitu Bidang infrastruktur 51 usulan, jembatan 32 usulan, pelabuhan/dermaga 7 usulan, irigasi 16 usulan, Listrik desa 8 usulan, Telekomunikasi/BTS 3 usulan, Sanitasi 4 usulan, perumahan dan pemukiman 4 usulan, bidang pendidikan 38 usulan, bidang kesehatan 23 usulan dan bidang ekonomi, bidang administrasi pemerintahan 6 usulan, ekonomi dan pemberdayaan 15 usulan, lembaga adat 1 usulan dan bidang kelembagaan sosial 9 usulan. Jadi untuk skala prioritas sebanyak 144 usulan, salah satunya di bidang infrastruktur,” jelas Camat Yubderi.

“Harapan kami ke depan anggota DPRD Kapuas dari Dapil IV dapat memfasilitasi hasil dari Musrenbang ini agar dapat terlaksana dan di akomodir supaya terlaksana semua usulan skala prioritas ini,” harap Camat Mantangai, Yubderi.

BACA JUGA :  Kades Akhmadi Akan Benahi Pemerintahan Desa Mantangai Tengah

Sebelumnya, Pj Bupati Kapuas yang diwakili Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Drs. Jaya, M Si didampingi Camat Mantangai Yubderi, Wakil Ketua I DPRD Kapuas Yohanes dan anggota DPRD Kapuas Darwandie membuka dengan resmi Musrenbang Kecamatan Mantangai.

Jaya dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Musrenbang Kecamatan diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi antara unsur perangkat daerah Kabupaten Kapuas dengan unsur pemerintah desa dan kecamatan.

“Saya berharap hasil kesepakatan Musrenbang Kecamatan menghasilkan dokumen yang dapat menjadi bahan masukan dalam penyusunan rencana kerja perangkat daerah (RKPD) tahun 2025 dan menjadi umpan balik dalam penetapan rencana kerja pemerintah desa,” ucap Jaya.

Baca Juga