Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Dapur Umum Haul Guru Sekumpul Dapat Suplai Ribuan Tabung Gas…

Dapur Umum Haul Guru Sekumpul Dapat Suplai Ribuan Tabung Gas Melon, Kelurahan Sekumpul Martapura Jadi Target Operasi Pasar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Jelang kegiatan haul Guru Sekumpul ke-19, kebutuhan gas elpiji meningkat. Selain untuk keperluan rumah tangga, rupanya juga untuk memenuhi ketersediaan stok dapur umum.

Di Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, misalnya. Dalam operasi pasar murah gas elpiji subsidi 3 kilogram (kg) yang digelar Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) setempat, mengharapkan adanya ini mampu menjadi penopang dalam memenuhi kebutuhan stok bagi relawan di dapur umum.

Kadis KUMPP Kabupaten Banjar, Kencana Wati, melalui Kasi Pengendalian Kebutuhan Barang Pokok dan Penting, Eka Yusnitawati, mengatakan, operasi pasar murah gas elpiji 3 kilogram (kg) di Kelurahan Sekumpul memang diprioritaskan untuk dapur umum.

image editor output image 63843286 17050635330988439805814705329378

“Jadi, satu titik di kelurahan ini memang untuk stok dapur umum,” katanya, usai memantau kegiatan pasar murah gas elpiji 3 kg, di Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Jumat (12/1/2024).

BACA JUGA :  Prajurit Kodim Martapura Diminta Rajin Berolahraga

Dia menegaskan, dalam operasi pasar tersebut DKUMPP Kabupaten Banjar tak memberikan batasan jumlah satuan gas subsidi yang diambil atau lebih tepatnya menyesuaikan kebutuhan dapur umum. Berbeda halnya dengan masyarakat yang dijatahi satu orang hanya mendapat 2 tabung.

“Tak ada yang maksimal ya kan ada keperluannya 50 tabung bahkan hari ini hingga kemarin mereka sudah menerima tamu (jamaah, red). Tiap dapur itu tergantung kebutuhan masing-masing. Jadi, ada dapur umum yang besar dan ada juga yang kecil,” bebernya.

Pendistribusian gas elpiji dengan harga jual tertingginya (HET, red) Rp18.500 di Kelurahan Sekumpul itu, sengaja disediakan mereka sebanyak 560 tabung. Mengingat, kebutuhan dapur umum cukup banyak sehingga keperluannya juga sangat vital.

“Untuk harga sama sesuai HET. Masing-masing mendapatkan satu truk yang isinya sebanyak 560 tabung begitu pula di titik lokasi rumah kaca,” ucapnya.

BACA JUGA :  47 Pasangan Isbat Nikah di Sultan Sulaiman

Meski di Kelurahan Sekumpul ini lebih terfokus untuk memenuhi kebutuhan dapur umum. Namun, Eka, membeberkan, operasi pasar murah gas elipiji itu juga tersedia untuk kalangan masyarakat. “Lokasinya itu berada di rumah kaca, Guntung Alaban, Martapura,” ungkapnya lagi kepada awak media.

Total yang disediakan DKUMPP Kabupaten Banjar bersama agen resmi penyuplai gas elpiji tersebut mencapai 1.120 tabung. Ini dalam memenuhi kebutuhan stok dapur umum selama acara haul berlangsung. Di mana, titik operasi pasar hari ini fokus di Kelurahan Sekumpul dan rumah kaca, Guntung Alaban, Martapura.

“Kegiatan ini sudah 2 hari dilaksanakan. Hari pertama, di Indrasari sebanyak 280 tabun dan Pesayangan itu 280 tabung. Totalnya, 560 tabung untuk dua titik itu,” pungkas Eka.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga