Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Ekspose NTP Upayakan Kesejahteraan Petani 

Ekspose NTP Upayakan Kesejahteraan Petani 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Dinas Komunikasi Informasi Statistik Dan Persandian  (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) setempat melakukan ekspose nilai tukar petani (NTP). 

Ekspose ini digelar Jum’at (26/1/2024) diruang Rapat Diskominfo SP, dengan melibatkan dinas terkait.

Kepala BPS Tanbu Ihsan Nor Hakim mengatakan, tujuan ekspose ini yaitu untuk melihat perkembangan kesejahteraan petani, tentunya dengan melihat perkembangan harga hasil pertanian tersebut.

“Kerena itu untuk melihat kesejahteraannya maka kita mengukur sementara yang didapat dengan NTP, hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan pada dasarnya adalah kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Dia menambahkan, salah satu melihat kesejahteraannya yakni mengukur dari tingkat pendapatan dan pengeluarannya, sedangkan di Tanbu ini salahsatu komponen pertanian itu apakah banyak biaya yang dikeluarkan atau hasil yang di dapat.

BACA JUGA :  Resmi Buka Ramadan Cake Fair 2024, Bupati Sempatkan Beli Takjil Saat Singgahi Penjualnya

“Contohnya sawit, itu tergantung perkembangan harga secara internasional, sedangkan untuk yang dibayar itu berbenturan dengan biaya pupuk maupun BBM yang dianggap sangat mempengaruhi pendapatan, justru itulah guna melihat kondisi yang dialami petani hanya dengan NTP bisa di hitung,” paparnya.

Sebenarnya lanjutnya, peningkatan NTP itu bisa menunjukkan peningkatan kemampuan petani secara kesejahteraannya, namun semakin tinggi nilai NTP maka semakin tinggi pula kesejahteraan secara relatif.

“Meski demikian secara sederhana NTP itu menggambarkan daya beli pendapatan petani walaupun belum bisa mewakili semuanya,” pungkasnya.

Sementara itu Kadis Kominfo SP melalui Kabid SP Dwi Teguh Effendi mengungkapkan, terkait ukuran atau indikator kesejahteraan petani terbagi dengan 3 komponen yakni pertanian tanaman pangan , perkebunan rakyat serta perikanan tangkap.

BACA JUGA :  PT Pama Tutup Pelaksanaan Siswa Magang SMKN I Satui

Dari 3 komponen ini yang paling rendah posisinya bahkan dibawah 100 atau nilai modal, maka  petani kita belum bisa dianggap sejahtera, sehingga indikator inilah yang mengukurnya,

“Setelah mendapatkan angka diatas 100 dari 3 komponen tersebut maka dianggap bagus kesejahteraannya dan perlu ditingkatkan lagi.

Namun kalau pertanian modalnya dibawah 100, tapi setelah dihitung dapatnya tidak sampai 100, sementara itu harus diatas modal.

“Untuk mengatasi itu diharapkan peran lintas terkait sangat dibutuhkan untuk merumuskan posisi petani yang tidak sejahtera agar menjadi sejahtera, tentunya apa yang dikerjakan tidak lagi mengalami kerugian,” tutupnya. (MHL)

Baca Juga