Home » Lahir Tepat Mahlul Qiyam di Haul Guru Sekumpul, Jabang Bayi Diberi Nama Muhammad Zaini

Lahir Tepat Mahlul Qiyam di Haul Guru Sekumpul, Jabang Bayi Diberi Nama Muhammad Zaini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Siti Fatimah warga Desa Rantau Bujur, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar yang merintih kesakitan akhirnya tersenyum lega. Perjuangan antara mati dan hidup berakhir setelah jabang bayi lahir tepat jutaan jemaah haul ke-14 Abah Guru Sekumpul berdiri dan melantunkan syair, Minggu (10/3/2019) malam.

Jabang bayi pun langsung diberikan nama Muhammad Zaini, tanda hormat dan mencari berkah sang wali Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani. Fatimah yang saat itu tengah menghadiri Syekh Zaini bin Abdul Ghani memang sedang hamil tua dan duduk di rumah keluarganya dekat Musala Huda, Sungai Kacang Sekumpul.

Ia mengalami kesakitan luar biasa ketika dimulainya ritual keagamaan yang paling ditunggu jutaan jemaah tersebut. Sontak relawan dan rekanan menjadi geger dan segera mencari bidan bersalin untuk membantu Fatimah. Beruntung tak jauh dari lokasi Fatimah ada rumah seorang bidan.

“Saya sebenarnya sedang melayani jemaah juga di rumah, sekitar pukul 19.40 wita ada anggota rekanan datang ke rumah. mereka bilang ada perempuan yang mau melahirkan, kebetulan di rumah ada juga kawan yang berprofesi sebagai bidan dan langsung minta tolong, “ ujar Bidan Wahyu memberikan keterangan melalui telepong genggamnya.

Bidan Wahyu juga menambahkan, ketika itu acara haul sedang berlangsung pembacaan syair maulid, jaraknya, sekitar 500 meter dari lokasinya berjaga. Lebih menguntungkan lagi, saat itu sedang Asroqal atau Mahlul Qiyam, saat itu, seluruh jemaah berdiri, waktu tepat berdoa diakbulkan oleh Allah.

“Beruntung ketika kita mau menolong dan mencari jalan ke Sungai Kacang, jemaah lagi berdiri dan sedang Asrakal. jadi mudah lewat, ditambah kami dikawal oleh relawan rekanan, mereka bilang darurat. Itu pun sekitar setengah jam baru kami sampai lokasi Ibu Fatimah,” tambahnya.

Dikatakan Bidan Wahyu, Ibu Fatimah ini merupakan ibu muda yang baru pertama melahirkan. Sehingga sempat ada kendala yakni tali putar bayi sempat terlilit, namun akhirnya melahirkan dengan lancar dan selamat.

“usia kehamilannya sudah mencukupi bulan, namun Ibu Fatimah ini lupa usia kehamilannya. Prediksi dia melahirkan pada akhir bulan nanti, tapi mungkin karena faktor kelelahan berjalan sehingga lebih cepat melahirkan,” katanya.

Dijelaskan Bidan Wahyu, Ibu Fatimah melahirkan anak berjenis kelamin laki-laki dengan berat badan dua kilo sembilan 0ns.“Alhamdulillah keduanya sehat, dan kebetulan lagi momen haul maka anaknya kita kasih nama Muhammad Zaini,”ucapnya senang.

Penulis : muhammad Sairi

Baca Juga