Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Politik
  4. »
  5. KPU Banjar Mulai Distribusikan Logistik Pemilu

KPU Banjar Mulai Distribusikan Logistik Pemilu

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024, Kamis (1/2/2024) siang. Pendistribusian diserahkan ke empat kecamatan, yakni Martapura Timur, Astambul, Karang Intan, dan Aranio.

Anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Banjar, Rusmilawati, mengatakan, jumlah keseluruhan pendistribusian kotak dan surat suara Pemilu 2024 di empat kecamatan masing-masing sudah tervalidasi.

“Untuk jumlah kotak surat suara yang didistribusikan ke Kecamatan Martapura Timur dari 102 TPS yang ada di sana sebanyak 510 surat suara. Sedangkan, di Kecamatan Astambul dari 132 TPS jumlah kotak surat suara yang didistribusikan 660,” ujarnya, kepada sejumlah awak media, usai melepas pendistribusian kotak surat suara untuk empat kecamatan, di gudang logistik KPU Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Dugaan Gratifikasi Makin Menguat, TPD DKPP Kalsel: Tunggu Putusannya

Dua kecamatan lainnya, yakni Aranio dengaan Karang Intan juga sudah tervalidasi. “Aranio dari total 32 TPS mendapat jatah 130 kotak surat suara dan untuk Karang Intan ada sebanyak 650 kotak surat suara dari 130 TPS,” ucapnya.

Dari rincian tersebut, sebelum dilakukannya pendistribusian logistik di empat kecamatan ini, Rusmilawti, menegaskan, kotak beserta surat suaranya dipastikan sudah divalidasi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Dia memastikan, untuk pendistribusian logistik pemilu 2024 khususnya kotak surat suara di seluruh kecamatan Kabupaten Banjar berlangsung hingga 11 Februari 2024.

“Seluruhnya ada 12 armada yang dikerahkan untuk pendistribusian ini dari tanggal 1 sampai 11 Februari 2024,” ucapnya.

BACA JUGA :  Dugaan Gratifikasi, Bawaslu Benarkan KPU Terima Bantuan Dari DPRD Banjar saat Kirab Pemilu

Sementara untuk jadwal pendistribusian truk yang mengangkut kotak beserta surat suara Pemilu 2024 itu dipastikan aktivitasnya maksimal sampai 17.00 Wita.

“Selambat-lambatnya sampai sore,” pungkasnya.

Ketua PPK Martapura Timur, Muhammad Wildan, menjelaskan, sejak pukul 11.30 Wita logistik kotak surat suara tiba di lokasi dan para petugas langsung membongkar muatan. “Untuk logistik Pemilu yang kita terima sebanyak 510 kotak surat suara dengan 408 bilik suara. Sedangkan, total jumlah surat suara sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT), yakni sekitar 22.219 ditambah 2 (dua) persen. Selanjutnya pada H-1 pemungutan suara logistik akan disalurkan ke setiap TPS,” ungkapnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga