Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Selaraskan Porwarnas Ke – XIV Di Kalsel, GOR Paman Birin…

Selaraskan Porwarnas Ke – XIV Di Kalsel, GOR Paman Birin Dikebut Tuntas Paling Lambat Agustus 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
GOR Paman Birin : Menjadi tempat opening ceremony dan lokasi pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke - XIV, Agustus 2024. (Foto : Riswan/headline9.com)

Headline9.com, BANJARBARU – Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke – XIV di Kalsel, rupanya bakal menjadi ajang bergengsi tahun ini. Bagaimana tidak, Gedung Olah Raga (GOR) Paman Birin yang diwacanakan sebagai lokasi opening ceremony dan tempat pelaksanaan, ditarget selesai paling lambat Agustus 2024.

Kepala Seksi (Kasi) Tata Bangunan dan Permukiman pada Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Syamsul Bahri, mengungkapkan, saat ini gedung olahraga yang dibangun mulai 2023 lalu sudah terealisasi 100 persen. Hanya saja, ada beberapa tahapan lagi yang perlu diselesaikan pihaknya.

“Tetapi masih ada yang harus dikerjakan lagi seperti penutup ‘tawing’ (dinding, red) layarnya. Makanya, kami anggarkan lagi di tahun 2024 ini termasuk saprasnya di antaranya lahan parkir. Kalau yang sudah selesai 100 persen tadi bangunan gedungnya,” ujar dia, kepada headline9.com, di ruang kerjanya, Selasa (6/2/2024).

Tahapan lainnya, kata dia, pertama adanya rencana penambahan fasilitas tempat duduk (tribun) di tahun ini. Tujuannya, agar mengurangi penonton berdiri.

BACA JUGA :  Bandara Internasional Syamsudin Noor Gelar Safe Travel Campaign

Ia memastikan, GOR Paman Birin ini dapat menampung penonton setidaknya 3.000 orang lebih. Ditambah, ada sebanyak 200an lebih tempat duduk dikhususkan untuk tamu VIP yang hadir diacara tersebut nantinya.

“Untuk tribun VIP itu sekitar 263. Semoga nantinya bisa disempurnakan sebelum dilaksanakannya Porwanas. Kemarin, PWI Pusat dan Kalsel sempat survey (peninjauan) ke lokasi semoga bisa selesai ya sempurna lah tepat waktu,” papar Syamsul Bahri.

Perlu diketahui, beber Syamsul, anggaran yang dikucurkan untuk penyelesaian GOR Paman Birin tahun lalu sebesar Rp60 miliar. Namun di 2024, alokasi yang dibutuhkan dalam menuntaskan bangunan itu kembali menambah kurang lebih Rp33 miliar.

“Kemarin diusulkan sekitar segitu kemungkinan belum tuntas juga. Kalau ditotalkan ya sekitar Rp93 miliaran, namun agar tak terjadi kekurangan kami masih melakukan pendataan, contohnya saja kaya kursi di tribun kan belum ada itu kan nantinya ada penambahan lagi,” katanya.

BACA JUGA :  Kalsel Terima Perhargaan dari KPAI

“Karena sistem pengadaan ini kan melalui e-Katalog, nah itu yang memperlambat kami dan kemungkinan jelas berimbas pada pembangunan fisiknya,” beber dia.

Tetapi dibalik itu, dirinya mengungkapkan, kendala yang sedang dihadapi sampai saat ini adalah kondisi cuaca yang tak menentu, seperti halnya hujan disertai angin kencang. Yang mana, justru itu menjadi alasan utama lambannya penyelesaian tersebut.

“Kita menargetkan Agustus 2024 sudah rampung karena Porwanas ke – XIV kan dilaksanakan pada bulan tersebut,” tuturnya. Yang jelas, ungkapnya, akan berusaha semaksimal mungkin agar dapat dipergunakan sempurna pada saat kegiatan akan berlangsung nantinya. “Tempat itu nantinya akan digunakan sebagai opening ceremony Porwanas ke – XIV,” ucapnya.

Saat ini pembangunan fisik yang diselesaikan, sebut dia, ada beberapa yang rampung dikerjakan. “Termasuk pemasangan videotron, lapangan bulu tangkis, futsal, dan basket juga kami bangun di dalamnya,” tukasnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga