Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Rekapitulasi Hasil Pemilu di Astambul, PPK dan Polsek Jamin Tak…

Rekapitulasi Hasil Pemilu di Astambul, PPK dan Polsek Jamin Tak Ada Kecurangan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
KETERANGAN : Suasana pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi di Aula Kecamatan Astambul, Senin (19/2/2024) siang.

Headline9.com, MARTAPURA – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Astambul, Kabupaten Banjar, melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara pada Pemilu 2024, Senin (19/2/2024) siang.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kecamatan Astambul, dan dihadiri sejumlah saksi mulai partai politik dan unsur lainnya dalam penyelengaraan pemungutan suara. Yang sebelumnya dilaksanakan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Astambul, Muhammad Rizani, mengungkapkan, kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi yang dihadiri sejumlah unsur keamanan, saksi hingga panwascam tersebut dipastikan pelaksanannya berlangsung lima hari, mulai 19 – 23 Februari 2024.

“Berkat kerjasama yang aktif, penyelenggaraan di kecamatan Astambul telah tersusun, yakni selama 5 hari ke depan. Panel satu di Desa Pingaran Hulu, Pematang Hambawang yang jumlahnya itu ada sebanyak 12 TPS. Kemudian, Panel dua, di sekretariat PKK Astambul terdiri dari Desa Lok Gabang, dan Sungai Tuan Ulu ada sebanyak 12 TPS,” ungkapnya kepada awak media.

BACA JUGA :  Saidi Pimpin Upacara Kemerdekaan RI di Kabupaten Banjar

Terkait upaya agar tak terjadinya kecurangan saat rekapitulasi, Rizani, menegaskan, kalau rapat pleno dilakukan secara terbuka. “Jadi, kita bersama Panwascam sangat terbuka, apabila ada yang keberataan bisa disampaikan. Yang jelas, kita akan berupaya untuk menjaring semua hal termasuk keluhan-keluhannya dalam kegiatan ini,” papar Rizani.

Apabila ada persoalan, kata dia, cukup diselesaikan dalam rapat pleno terbuka ini. “Hari ini perlu kita seragamkan ke sana, saya pikir di sini cukup selesai,”ungkap dia.

BACA JUGA :  DPRD Banjar Setujui Perubahan Perda Retribusi Jasa Umum.

Sementara itu, Kapolsek Astambul, Iptu Toni Hartono, mengungkapkan, pihaknya terus mengawal jalannya pelaksanaan rekapitulasi suara yang saat ini berjalan hingga 5 hari ke depan.

“Untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam rekapitulasi suara pada Pemilu 2024 di Astambul kami mengamankan di kantor PPK dengan kondisi harus steril. Kemudian, kita gunakan 3 gembok, kuncinya dipegang oleh PPK, Panwascam, dan satu dari Kapolsek. Jadi, tidak bisa membuka kotak suara tersebut kalau tidak ada koordinasi tiga instansi ini,” bebernya.

Dirinya menjamin, dalam rapat rekapitulasi suara Pemilu 2024 tak bakal terjadinya kecurangan. “Yang jelas, kami jami tak ada kecurangan hingga selesainya pelaksanaan,” pungkas Toni Hartono.

Reporter : Riswan Surya | Editor : Nasrullah

Baca Juga