Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Personil Satpol Dan Damkar Dilatih Penyelamatan Ketinggian

Personil Satpol Dan Damkar Dilatih Penyelamatan Ketinggian

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar pelatihan penyelamatan dari ketinggian.

Kepala Satpol PP dan Damkar Tanbu Syaikul Ansyari secara resmi membuka pelatihan yang bekerjasama dengan Jhonlin Rescue, pembukaan dilaksanakan di Posko Damkar Simpang Empat, Sabtu (17/2/2024).

Syaikul mengatakan pelatihan ini penting dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota Damkar Tanbu.

“Pelatihan penyelamatan dari ketinggian ini penting kami laksanakan, mengingat banyak bangunan lantai dua bahkan lebih ada di Tanbu,” ucapnya.

Jika kita lihat, utamanya di tepi-tepi jalan raya di Bumi Bersujud banyak bangunan bertingkat, sehingga kita perlu mengantisipasi jika terjadi bencana seperti kebakaran dan lainnya.

Upaya penyelamatan orang dari ketinggian ini, maka juga harus di imbangi dengan kemampuan petugas Damkar. Seperti tata cara menyelamatkan warga, bahkan alat yang di butuhkan.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Tanbu M. Rusli Bakal Maju Pilkada

“Untuk peralatan damkar, Saya sudah sampaikan ke Bupati Zairullah Azhar, beliau menyambut baik usulan tersebut, karena ini berkaitan dengan keselamatan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Syaikul menambahkan pihaknya akan terus melaksanakan berbagai pelatihan bagi anggota Damkar, karena Petugas Damkar tidak hanya berkaitan dengan kebakaran saja, tetapi juga kegiatan sosial lainnya.

“Petugas damkar bahkan membantu menangkap ular dan evakuasi sarang tawon dari rumah tangga,” ungkapnya.

Syaikul juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT Jhonlin Grup melalui Jhonline Rescue yang menjadi narasumber pada kegiatan kali ini.

Sementara itu, Kabid Damkar Siti Aisyah mengatakan peserta pelatihan sebanyak 12 orang dari 6 Posko Damkar se-Tanbu.

BACA JUGA :  Pemkab Tanbu Ikuti Rakor Virtual Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024

“Masing-masing posko mengirim 2 peserta, peserta pelatihan ini nantinya di harapkan menjadi instruktur bagi petugas damkar di posko masing-masing,” ujarnya

Untuk pelaksanaan pelatihan 2 hari yakni 17-18 Februari 2024, hari pertama materi, tanya jawab, dan praktek pengenalan alat, hari kedua yakni senam pagi dan praktek lapangan penggunaan alat, sedangkan narasumber dari Jhonlin Rescue, Rahmatullah.

Rahmatullah, mengatakan kegiatan kali ini berbagi ilmu terkait penyelamatan dari ketinggian, karena semakin banyak yang tahu, maka semakin banyak pula yang bisa terselamatkan jika terjadi bencana atau musibah.

Pada praktek lapangan nanti, sebut Rahmatullah petugas dilatih menyelamatkan warga dari ketinggian 17 meter.

Seperti kita ketahui bersama, di Batulicin Tanbu sudah banyak bangunan bertingkat, untuk itu, perlu pelatihan penyelamatan dari ketinggian. (MHL)

Baca Juga