Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Utamakan Keselamatan Kerja, PT BIB Peringati Bulan K3 Nasional Dengan…

Utamakan Keselamatan Kerja, PT BIB Peringati Bulan K3 Nasional Dengan Berbagai Kegiatan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Perusahaan PT. Borneo Indobara (BIB), memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2024, dengan menggelar rangkaian acara Funrun dan Funbike di Pantai Angsana Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), minggu (18/2/2024).

Acara ini sebagai salah satu upaya untuk terus melakukan aksi nyata dalam mengutamakan keselamatan kerja di perusahaan.

Sejalan dengan Tema Bulan K3 Nasional 2024 “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”. Perusahaan menekankan pentingnya untuk selalu disiplin dalam menerapkan K3.

Kepala Tekhnik Tambang (KTT), Riadi Simka Pinem mengatakan, Bulan K3 menjadi momentum penting bagi perusahaan yang memiliki kompleksitas dan resiko tinggi, karena bulan K3 tidak hanya sekedar kegitan seremonial, akan tetapi menjadi pengingat untuk terus menggalakan K3 dengan menerapkan di setiap pekerjaan.

image editor output image1720914500 17084275415213381075263366301859

“Bulan K3 ini merupakan program nasional yang diprakarsai oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Minerba untuk dilaksanakan setiap tahun yang berlangsung selama satu bulan dimulai pada januari hingga pebruari, untuk itu perusahaan wajib mensosialisasikanya untuk keselamatan kerja,” Katanya.

Riadi menambahkan untuk mensukseskan budaya K3, dibutuhkan sinergi berbagai pihak, guna menghasilkan komitmen bersama untuk mewujudkan kesadaran akan pentingnya bekerja dengan aman dan nyaman.

Terlaksananya program bulan K3 ini lanjutnya melibatkan mitra kerja perusahaan, sebagai bentuk komitmen tinggi terhadap keselamatan karyawanya.

“Kita undang mereka untuk berkontribusi dalam melakukan kegiatan ini yang berlangsung selama satu bulan, Ujar Riadi.

BACA JUGA :  Wabup M.Rusli Buka Muscablub Kawatir Cabang Paramuka Tanah Bumbu.

Riadi berharap setelah bulan K3 ini dilaksanakan, ada bekasnya, dengan artian tidak semata serimonial tapi bisa dilakukan dalam keseharian, karena tidak ada yang lebih berharga dari pada nyawa dalam melaksanakan kegiatan pekerjaan.

“Kita harapkan adalah, keselamatan yang menjadi tanggung jawab bersama dan harus ada pesan yang sampai kepada seluruhnya selain selamat dalam bekerja maupun diluar jam kerja.

Sementara Ketua Panitia Bulan K3 2024 PT BIB Ruben Laurensus Baringbing menyampaikan, kegiatan yang dilakukan pada bulan K3 kali ini, Funrun dan Funbike merupakan

Salah satu event yang ada pada BK3N tahun 2024 PT BIB.

Pada event Funrun panitia menyediakan jarak tempuh 2 kategori, kategori pertama jarak tempuhnya 5 kilometer dan jarak tempuh kedua 10 kilometer, untuk

Funbike jarak tempuh rute sejauh 40 kilometer dan ekstrim dari jalan aspal tanah berlumpur, namun bisa dipastikan bisa dilalui dengan aman.

“Semua area akstrim ini, jika terjadi kondisi emergency bisa dipastikan dapat dihampiri team rescue,” tuturnya.

Untuk memberikan keamanan bagi peserta Funbike, pihak panitia menyediakan di 4 titik pos yang disertai dengan team rescue di setiap rute, sehingga benar-benar dapat terjamin keselamatan dan perjalanan lancar dan aman.

Dengan challenge atau tantangan medan ekstrim ini tidak menyurutkan niat peserta mengikutinya, terlihat antusias ratusan peserta ambil bagian pada event tersebut, baik dari perusahaan maupun dari luar daerah.

Kedepan pihak perusahaan, akan menambah kegiatan yang lebih tertantang, agar peserta lebih termotivasi untuk ikut serta, karena dengan banyaknya peserta maka bulan K3 dapat dipahami masyarakat luas pentingnya keselamatan.

BACA JUGA :  Operasi SAR KM Teman Niaga Dilaksanakan 7 Hari

Andrias Wahyudi selaku Ketua Funbike menyebutkan, Funbike ini merupakan event ke 4 yang dilaksanakan, dalam rangka bulan K3 BIB, yang dibuka untuk umum.

“Kami beri kesempatan masyarakat umum mengikuti kegiatan ini, menjadikan momen kesehatan, sekaligus sosialisasi K3,” pungkasnya. 

Animo masyarakat sangat luar biasa, namun kami target hanya 1000 peserta.

Khusus tahun ini animo masyarakat mengikuti Funbike, sangat antusias, namun panitia hanya menargetkan 1000 peserta, itupun umurnya minimal 13 tahun, karena medan lumayan ekstrim, tanjakan, lumpur, sungai dan pantai yang dilewati

Tujuan kita tidak lain mensosialisasikan kesehatan bulan K3, juga mempromosikan keindahan alam pantai angsana yang perlu dilestarikan.

Sedangkan Ketua Funrun Benito Rama didamping wakilnya Anton C.H, mengaku peserta yang mengikuti event ini hanya mitra kerja, internal perusahaan, sesuai dengan cakupan yang telah disampaikan oleh pembina sebelum pelaksanaan.

“Sementara cakupan hanya untuk mitra kerja PT BIB, namun tidak menutup kemungkinan untuk BK3N di tahun 2025 akan dibuka secara umum,” lanjut Benito Rama.

Benito Rama berharap olahraga lari bisa menjadi budaya pada masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka.

“Digelarnya Funrun, dilatarbelakangi peringatan K3 yang memang diminta untuk menjaga kesehatan, baik dalam bekerja maupun diluar jam kerja.” Imbuhnya. (MHL)

Baca Juga