Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Pasar Ramadan di RTH Ratu Zalecha Martapura: 15 Stand Siap…

Pasar Ramadan di RTH Ratu Zalecha Martapura: 15 Stand Siap Dijajal Pelaku UMKM

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Kepala DKUMPP Kab Banjar, Kencana Wati, saat menjelaskan keterlibatannya nanti pada gelaran Pasar Ramadan 1445 H, Jumat (23/2/2024) siang. Mereka akan melibatkan puluhan UMKM binannya.

Headline9.com, MARTAPURA – Puluhan pedagang binaan Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar akan berpartisipasi dalam Pasar Ramadan 1445 H tahun 2024. Pasar Ramadan ini akan diselenggarakan di RTH Ratu Zalecha Martapura.

Menurut Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar, Kencana Wati, pihaknya mendapat alokasi 15 stand untuk mengisi Pasar Ramadan. Setiap stand akan dihuni oleh dua pelaku UMKM, baik kuliner maupun non kuliner.

“Kami akan memilih 10 pelaku UMKM kuliner dan 10 pelaku UMKM non kuliner dari binaan kami. Non kuliner meliputi kriya, sasirangan, dan aksesoris religius,” kata Kencana Wati, Jumat (23/2/2024).

BACA JUGA :  Pemkab Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kencana Wati menambahkan, pihaknya akan menggelar rapat internal pada Senin (26/2/2024) untuk mempersiapkan keterlibatan DKUMPP dalam Pasar Ramadan. Ia berharap, Pasar Ramadan ini bisa menjadi ajang promosi dan pemberdayaan UMKM di Kabupaten Banjar.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disbudporapar Kabupaten Banjar, mengatakan, Pasar Ramadan tahun ini akan menawarkan berbagai produk UMKM, baik kuliner maupun non kuliner. Selain DKUMPP, pelaku UMKM dari Perumda Pasar dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Disbudporapar juga akan ikut serta.

“Kami menyediakan 40 tenda yang bisa diisi oleh 80 pelaku UMKM. Pengisian stand gratis dan tidak dipungut biaya. Kami ingin masyarakat bisa menikmati berbagai produk UMKM yang berkualitas dan bermanfaat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Petani Millenial Kabupaten Banjar Terima Hibah Dana Program Yess

Ia menjelaskan, Pasar Ramadan kali ini memiliki konsep yang berbeda dari sebelumnya. Jika dulu Pasar Ramadan berada di pinggir jalan Sukaramai, kini Pasar Ramadan akan dipindah ke dalam RTH Ratu Zalecha.

“Kami ingin membuat suasana yang lebih nyaman dan tertata. Kami juga akan menggelar rapat pemantapan pada 6 Maret 2024 dengan melibatkan semua SKPD terkait,” tuturnya.

Reporter : Riswan Surya | Editor : Nasrullah

Baca Juga