Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Politik
  4. »
  5. Inilah Wajah-wajah Yang Berpeluang Duduk di Dapil 6 DPRD Kalsel

Inilah Wajah-wajah Yang Berpeluang Duduk di Dapil 6 DPRD Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Sederet politisi senior bakal kembali melenggang di Rumah Banjar. Tak ketinggalan wajah baru pun dari kalangan elit partai politik (parpol) Dapil 6 Kalimantan Selatan (Tanah Bumbu dan Kotabaru) juga berpeluang besar ikut naik.

Berdasarkan hasil sementara Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (24/2/2024) malam, pukul 22:31:06 waktu setempat, menunjukkan suara terbanyak hingga kini dipegang Adrizal dari kader PAN dengan perolehan 9.107 suara. Kedua, diraup politisi senior dari PDI-P yaitu M Syaripuddin dengan total raihan 7.125 suara. Sementara diposisi ketiga dipegang dari kader Partai Golkar, Muhammad Yani Helmi, dengan total suara sebanyak 6.801.

Dari hasil perolehan sementara untuk kader PKB yang unggul saat ini ditempati M Yadi Mahendra Muhyin dengan perolehan 6.505 suara. Di mana, anak kandung dari Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, ini digadang-gadangkan siap duduk di DPRD Kalsel. Namun, posisinya sekarang masih dibayangi, Muhamad Ismail, dengan meraup 4.645 suara.

Nama Muhamad Ismail, digadang-gadangkan juga ikut terseret naik di rumah Banjar bersama sang dokter, M Yadi Mahendra Muhyin, yang sama-sama sebagai politisi muda.

Selanjutnya, yang ikut berpeluang naik ke kursi DPRD Kalsel adalah eks Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dari kader Partai Gerindra. Ia adalah M Alpiya Rakhman yang berhasil meraup 4.564 suara. Tetapi, dirinya masih dibayangi Firmansyah yang mendapatkan 3.383 suara.

BACA JUGA :  Fawahisa ; Minta Politikus Jangan Kaitkan Kebijakan Dengan Pilkada Yang Telah Lalu.

Tri Joko Iswanto yang juga berpeluang naik ke DPRD Kalsel ini merupakan politisi senior dari kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Ia memperoleh suara sebanyak 2.699. Hal ini masih dibayangi pesaingnya, Burhanuddin, di partai yang sama yaitu dengan meraup 2.150 suara.

Nah, nama M Syaripuddin sendiri juga sudah tak asing lagi. Ia merupakan Ketua DPD PDI-P Kalsel, politisi senior dikalangan legislatif, dan bahkan mendapat posisi mentereng sebagai Wakil Ketua DPRD Kalsel pada periode tahun 2019 – 2024 dan masuk dalam keanggotaan di fraksi PDI-P.

Di kubu Golkar sendiri, Muhammad Yani Helmi yang juga merupakan adik kandung Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (Paman Birin) itu bisa dikatakan unggul sementara atau memimpin di Dapil 6 Kalsel untuk elit parpolnya. Dia juga menduduki posisi sebagai Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel.

Disisi lain, Arbani, yang juga dijagokan hingga kini masih memperoleh 1.996 suara. Malahan Burhanuddin, petahana di DPRD Kalsel yang masih menjaga bisa menjaga suaranya dan berhasil meraih 3.216. Ia merupakan legislatif yang duduk di DPRD Kotabaru dan mencoba peruntungan alias menggantungkan nasibnya di rumah Banjar.

BACA JUGA :  Muswil PKB 80 Persen DPC se- Kalsel Dukung Zairullah

Sampai saat ini, sejumlah elit parpol dan juga caleg terus saling mengejar ketertinggalannya untuk bisa meraih posisinya duduk di DPRD Kalsel. Di antaranya, kader-kader dari PKS, NasDem, Partai Buruh, Gelora, PKN, Hanura, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

Total perolehan suara di 954 dari 2.119 TPS (45,02%) untuk parpol di Dapil 6 Kalimantan Selatan (Kalsel) yang unggul hingga kini masih ditempati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan suara 19.986 (18,08%), disusul Partai Amanat Nasional (PAN) meraih suara sebanyak 18.510 (16,75%), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mendapatkan suara 17.727 (16,04%).

Sementara, diurutan tiga besar dipegang Partai Golkar dengan meraih suara sebanyak 16.344 (14,78%), dan urutan keempat ditempati Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebanyak 13.499 suara dengan total persentase sebesar 12,21%.

Reporter : Riswan Surya | Editor : Nasrullah

Baca Juga