Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. RSDI
  4. »
  5. RSD Idaman Banjarbaru Hadapi Lonjakan Pasien Demam Berdarah Dengue

RSD Idaman Banjarbaru Hadapi Lonjakan Pasien Demam Berdarah Dengue

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru mengalami lonjakan pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) dalam dua bulan terakhir. Hal ini diungkapkan oleh Direktur RSD Idaman, dr Danny Indrawardhana melalui Kepala Unit Humas Pemasaran dan PKRS, Alfrico Ronaldi Purba.

“Ada 154 pasien DBD yang dirawat di RSD Idaman pada bulan Januari 2024. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan bulan November 2023 yang hanya 29 pasien dan bulan Desember 2023 yang 146 pasien,” kata Rico kepada Mediakita.co.id, Kamis (1/2/24).

Rico menjelaskan bahwa sebagian besar pasien DBD yang ditangani di RSD Idaman adalah anak-anak. Ia mengatakan bahwa pasien DBD sudah terdiagnosis dari gejala demam yang dialaminya.

“Kami melakukan pemeriksaan dan menemukan bahwa pasien DBD sudah terinfeksi virus dengue,” ujarnya.

Rico juga menyampaikan bahwa RSD Idaman sempat mengalami kekurangan ruang perawatan akibat lonjakan pasien DBD. Ia mengatakan bahwa ada antrean pasien di ruang rawat inap, ruang Intensive Care Unit (ICU) dan ruang Unit Gawat Darurat (UGD).

“Beberapa pasien DBD harus dirawat di ruang ICU karena kondisinya kritis dan membutuhkan perawatan intensif,” katanya.

Rico menambahkan bahwa saat ini semua pasien DBD sudah mendapatkan perawatan yang sesuai di RSD Idaman. Ia mengatakan bahwa pelayanan di rumah sakit sudah kembali normal.

“Kami sudah menangani semua pasien DBD dengan baik. Kami berharap tidak ada lagi lonjakan pasien DBD di masa depan,” tutupnya.

BACA JUGA :  RSD Idaman Banjarbaru Raik Predikat IKM Sangat Baik

Baca Juga