Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. Dinas PMD Kalsel Terus Upayakan Kualitas Aparatur Pemdes Lewat P3PD

Dinas PMD Kalsel Terus Upayakan Kualitas Aparatur Pemdes Lewat P3PD

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalsel terus mendorong percepatan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dengan mengupayakan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) yang digaungkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Dinas PMD Kalsel, Faried Fakhmansyah, melalui Kabid Bina Pemerintahan Desa, Wahyu Widio Nugroho, dalam rapat koordinasi (rakor) P3PD, Rabu (28/2/2024), mengatakan kegiatan kali ini bertujuan untuk saling mengingatkan kembali bahwa pentingnya menyelaraskan persepsi dalam meningkatkan kapasitas dan keterampilan teknis lingkup provinsi, kabupaten dan desa se Kalsel secara komprehensif atas tendensi pada Management System Good Governance.

BACA JUGA :  Dinas PMD Kalsel Dilibatkan Dalam Penilai Satu Wasaka Award Tahun 2024

“Kita ingin dari Rakor P3PD semua unsur yang terkait saling bersinergitas dalam menghadapi keseluruhan isu yang berkaitan dengan roda pemerintahan dan turut serta mengawal P3PD demi terwujudnya Indonesia maju, mandiri dan bertata kelola pemerintahan yang baik serta Sasaran dari program P3PD tahun ini kepada siapa saja yang akan ditingkatkan kapasitasnya,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan di 2023 program P3PD sudah dilaksanakan dan Kalsel, termasuk salah satu yang terbaik se-Indonesia.

“Kami juga telah melaksanakan rapat evaluasi program P3PD untuk saling berkonsolidasi terhadap isu penting yang dapat mengganggu dan merusak sistem roda pemerintahan yang berjenjang guna mewujudkan peningkatan kapasitas seluruh aparatur, khususnya dalam pengelolaan sistem manajemen pemerintahan yang baik di desa,” terangnya.

BACA JUGA :  Samsat Martapura Raup Pendapatan Rp143,7 Miliar Lewat PKB dan BBN-KB

Tak hanya itu, program P3PD dibangun untuk memperkuat kapasitas kelembagaan pemerintahan desa dalam meningkatkan kualitas belanja desa di lokasi program.

“P3PD berkontribusi terhadap peningkatan kualitas belanja desa dan perbaikan layanan dasar kepada masyarakat desa,” pungkasnya. 

Reporter : Riswan Surya | Editor : Nasrullah

Baca Juga