Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kapuas
  4. »
  5. Menpan-RB Setujui Usulan CPNS di Kabupaten Kapuas

Menpan-RB Setujui Usulan CPNS di Kabupaten Kapuas

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, Kuala Kapuas – Menpan-RB telah setujui usulan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kapuas.

“Alhamdulillah usulan kita Kabupaten Kapuas untuk formasi CPNS tahun 2024 di setujui oleh Menpan,” Kata Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi via WhatsApp, Kamis (14/3/2024).

Erlin Hardi menyampaikan, Menpan-RB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebanyak 1,38 juta.

Hal tersebut ditetapkan formasinya sebanyak 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap.

ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate, serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

BACA JUGA :  Kabupaten Kapuas Se Kalteng Paling Tertinggi Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

“Usulan penerimaan CPNS untuk Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2024 mendapatkan persetujuan alokasi permintaan sebanyak 1.430 formasi dengan jenis kebutuhan, untuk CPNS sebanyak 316 dan PPPK sebanyak 1112 akan di susun sesuai dengan kebutuhan daerah,” jelasnya.

“Jadi, kita juga menyiapkan formasi untuk tenaga digitalisasi pranata komputer sesuai dengan arahan Menteri,” beber Erlin.

Menurutnya pemerintah menyiapkan ASN tenaga digitalisasi yang akan menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

Ini akan berdampak mengakselerasi ekonomi lokal mulai digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata, produksi UMKM dan perdagangan.

BACA JUGA :  Usai dilantik H Suriano Optimis Lanjutkan Pembangunan

“Kabupaten Kapuas sebagai lumbung padi untuk Kalimantan Tengah dan akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi kreatif. Kita mulai menyesuaikan dengan perkembangan dunia digitalisasi saat ini,” kata Erlin Hardi.

Diharapkan ke depan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kapuas semakin meningkat.

Apalagi di beberapa kecamatan yang menjadi lumbung padi akan menjadi perhatian Pemerintah daerah untuk meningkatkan produktivitasnya baik padi lokal dan hibrida.

Untuk itu, tidak menutup kemungkinan Kabupaten Kapuas akan menjadi produsen beras guna memenuhi kebutuhan regional Kalimantan.

“Kita harus berupaya untuk meningkatkan produksi beras dalam memenuhi kebutuhan lokal maupun regional. Serta jika produktivitas padi meningkatkan dengan brand nama beras lokal Kabupaten Kapuas,” pungkasnya.

Baca Juga