Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. RSDI
  4. »
  5. Ahli Gizi RSD Idaman: Jaga Pola Makan Sehat Selama Ramadan

Ahli Gizi RSD Idaman: Jaga Pola Makan Sehat Selama Ramadan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Ahli gizi di Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru , Dwi Rahayu Ningsih, AMG memberi tips menjaga kesehatan dan mengatur pola makan sehat selama Ramadan. Menurutnya pola makan sehat dengan gizi seimbang selain dapat menjaga kesehatan juga bisa membantu mempertahankan berat badan dan mencegah kegemukan.

“Tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan khususnya dalam menjaga metabolisme tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Konsumsi makanan sangat perlu diperhatikan,” ucapnya, Jumat (15/3/2024).

Untuk tips menjaga metabolisme tubuh, Dwi mengingatkan utamanya untuk tidak melewatkan waktu makan sahur karena menjadi sumber energi menjalankan puasa. Kemudian tidak lupa mengkonsumsi air minum dengan akumulasi total sebanyak 8 gelas sehari.

BACA JUGA :  Peringati Hari Jantung Se-Dunia, RSD Idaman Gelar Senam Jantung Sehat

“Nah saat buka puasa nanti, makan lah makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Makan jangan berlebihan, porsinya harus tepat,” lanjutnya.

Tidak lupa ia juga menyarankan untuk melakukan olahraga rutin atau aktivitas fisik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Meskipun dalam hal ini porsi olahraga juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh yang menjalani puasa. Serta terakhir ialah istirahat yang cukup.

BACA JUGA :  Poliklinik Psikologi RSD Idaman Banjarbaru Berikan Layanan Untuk Anak dan Orang Dewasa

Lantas, makanan apa saja yang dianjurkan untuk menjaga metabolisme tubuh? Dalam hal ini Dwi menekankan ialah perbanyak makan makanan sumber protein tinggi.

“Makanan tinggi protein seperti daging, telur, ikan, susu, tempe, tahu, dan lain-lain. Bagi yang berat badannya melebihi ideal, sebaiknya menghindari makanan tinggi kolesterol, makanan manis, dan tidak mengolah makanan dengan cara digoreng,” tuntasnya. (Unit Humas, Pemasaran & PKRS)

Baca Juga