Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. IDM Kalsel Masuk Kategori Maju, Dinas PMD Singkronisasikan Program

IDM Kalsel Masuk Kategori Maju, Dinas PMD Singkronisasikan Program

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARMASIN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya meningkatkan kemajuan dan kemandirian dalam rangka mensejahterakan masyarakat dan menurunkan kemiskinan di desa.

“Memang kami berperan memfasilitasi masyarakat melalui pengembangan berbagai program pembangunan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat,” ucap Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah pada Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas PMD se Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Kamis (16/3/2023) siang.

Dari Rakor PMD, Faried menjelaskan, agenda tersebut merupakan forum silaturahmi antara jajaran Dinas PMD Provinsi Kalsel dengan Dinas PMD kabupaten/Kota dan SKPD dilingkungan Pemprov Kalsel.

“Sehingga terbangun solidaritas dan sinergitas dalam mewujudkan rencana program dan kegiatan antara pemprov dengan kabupaten yang tertuang dalam rencana kerja di 2024 dan mendukung pencapaian target pembangunan nasional serta visi misi Gubernur Kalsel Paman Birin 2021-2026,” katanya.

BACA JUGA :  Diskominfo dan Satpol PP Tanbu Siaran Keliling Sosialisasikan Prokes dan Vaksin Covid-19

Target pembangunan nasional, lanjut dia, menjadi indikator utama yang tergambarkan dalam komitmen nasional melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB atau SDGs) dan visi Gubernur yaitu Kalsel Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan (Maju) sebagai gerbang Ibu Kota Negara (IKN).

Lebih jauh, dirinya menjelaskan, hasil perkembangan kemandirian desa diukur melalui Indeks Desa Membangun (IDM). Yang mana, tahun 2021 IDM Provinsi Kalsel berada dikisaran angka sebesar 0,6472 atau pada status berkembang dan tidak ada satupun kabupaten yang berada pada status maju.

BACA JUGA :  Jelang Tahun Baru Ini Ketentuan Bagi Pengunjung Wisata Di Tanbu

Selanjutnya, tahun 2022 nilai IDM Kalsel naik drastis menjadi 0,7105. Angka ini berada pada status maju, dari kondisi ini setara dengan desa-desa di Pulau Jawa. Maka, kabupaten dengan status maju meningkat sebanyak tujuh kabupaten dan empat kabupaten lainnya berada dalam kondisi berkembang, yaitu Tanah Laut, Barito Kuala, Kotabaru dan Banjar.

“Kami ingin di 2023 IDM semua kabupaten bisa dalam status maju bahkan meningkat menjadi mandiri,” ungkap dia kepada awak media.

Faried pun berharap, melalui Rakor PMD dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

Rilis Dinas PMD Prov Kalsel/MC Kalsel
Reporter : Riswan Surya | Editor : Nashrullah

Baca Juga