Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Dukung Peran Perempuan Secara Ekonomi, Pemkab HST Serahkan Bantuan ke…

Dukung Peran Perempuan Secara Ekonomi, Pemkab HST Serahkan Bantuan ke KWT Barabai

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten HST, Cheri Bayuni Budjang, bersama Kepala Dinas Pertanian, Satrya Tanjung, menyerahkan bantuan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) melalui Program Pemberdayaan Perempuan.

Bantuan yang dimaksud berupa paket peralatan hidroponik kepada Kelompok Wanita Tani yang merupakan lambang upaya mengembangkan potensi di bidang pertanian modern, agar dapat memperoleh hasil yang lebih optimal dengan penggunaan lahan dan sumber daya yang lebih efisien.

Yang mana, program ini merupakan salah satu momen untuk menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, menumbuhkan sikap positif dalam menunjang kreatifitas, tidak lupa memperjuangkan kesetaraan serta keadilan bagi masyarakat, terutama kaum Perempuan. “Peralatan ini merupakan langkah awal kami dalam berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberikan pelatihan serta bimbingan kepada Kelompok Wanita Tani agar mereka dapat mengoptimalkan penggunaan peralatan hidroponik ini dengan baik.” kata Ketua Tim Penggerak  PKK HST, Cheri Bayuni Budjang, Senin (6/5/2024).

BACA JUGA :  Bupati HST Lepas Ratusan CHJ Asal Bumi Murakata

Dirinya menegaskan komitmen dalam mendukung perempuan di desa agar dapat mandiri secara ekonomi, serta meningkatkan kualitas hidup mereka adalah dengan mengedepankan semangat dalam kerja keras, tak lupa kolaborasi yang solid jadi utama.

“Tentu, KWT akan mampu mencapai kesuksesan dalam mengembangkan usaha pertanian mereka serta berampak positif bagi kemajuan perempuan dan masyarakat secara keseluruhan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian HST Budi Satrya Tanjung menjelaskan acara yang diikuti perwakilan anggota KWT di Kecamatan Barabai dengan jumlah 100 orang ini dilatarbelakangi oleh kesejahteraan masyarakat yang belum sesuai harapan, serta kemiskinan yang dilatarbelakangi ketidakmampuan dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA :  Cegah Stunting, Bupati HST Sosialisasikan B2SA ke Siswa SMKN 1

“Untuk mencapai kesejahteraan maka program Pembangunan mengarah pada upaya mengubah pola hidup dari ketidakberdayaan dalam memenuhi kebutuhan hidup menjadi berdaya, mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.” jelasnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian HST ini dibuka langsung Bupati Hulu Sungai Tengah H Aulia Oktafiandi, Camat Barabai beserta Ketua TP PKK Kecamatan Barabai, dan Forkopimcam Barabai, yang diselenggarakan di Rumah Ketua Gapoktan Desa Benawa Tengah, Kecamatan Barabai. (Adv)

Reporter : Ahmad Farisal
Editor      : Nashrullah

Baca Juga