Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Pemkab Banjar Raih WTP Ke-11 Kalinya, Wabup: Berkat Kerja Tulus…

Pemkab Banjar Raih WTP Ke-11 Kalinya, Wabup: Berkat Kerja Tulus dan Ikhlas Semua SKPD

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar, kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kesebelas kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalsel atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD 2023.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi menerima langsung LHP tersebut dari Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel Rahmadi di Kantor BPK RI, Banjarbaru, Selasa (7/5/2024), bersama 12 kabupaten/kota di Kalsel.

Dikatakan Rahmadi, melalui perolehan opini WTP ini, diharapkan pemerintah daerah terus bekerja keras dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah sehingga terciptanya tata kelola keuangan yang bersih, akuntabel dan transparan.

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada 13 kabupaten/kota se Kalsel atas perolehan opini WTP dalam pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah,” ucapnya.

Lebih lanjut Rahmadi menuturkan, BPK selalu mendorong pemerintah untuk mencapai tujuan negara yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur melalui pemeriksaan keuangan negara.

BACA JUGA :  Setelah Pemilu, Disdukcapil Banjar Mulai Rekam KTP Anak

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, tergambar beberapa indikator kesejahteraan pada pemerintah kabupaten/kota se Kalsel, salah satunya dalam aspek kemiskinan. Presentase penduduk miskin terendah, terdapat pada Pemkab Banjar yakni sebesar 2,44 persen dan tertinggi HSU sebesar 6,25 persen,” ungkapnya kepada awak media.

Presentase penduduk miskin se-Kalsel ini, diakui Rahmadi, masih sangat baik, karena berada jauh dibawah angka presentase nasional. Akan tetapi, beberapa kabupaten seperti HSU, HST, Tabalong dan Balangan, perlu meningkatkan upaya untuk menekan presentase penduduk miskin, dikarenakan presentasenya masih lebih tinggi dari pada tingkat provinsi yaitu sebesar 4,26 persen.

Ia berharap pencapaian opini tertinggi dalam LKPD menjadi pemicu terhadap peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah dan mampu mewujudkan kinerja keuangan yang maksimal sehingga tercapainya kesejahteraan masyarakat sebagaimana amanat konstitusi UUD 1945.

BACA JUGA :  Lima Tahun Nini Itun Tak Lagi Dapat Melihat. Ini Tanggapan Komisi IV.

Sementara Wabup Banjar, Habib Idrus Al Habsyi bersyukur atas hasil LKPD tahun 2023 telah usai, dan Pemkab Banjar mendapatkan predikat WTP.

“Alhamdullah, ini semua berkat kerja tulus dan ikhlas semua perangkat daerah, sehingga kita mendapatkan opini WTP dari BPK sebanyak 11 kali berturut-turut,” ucap orang nomor 2 di Kabupaten Banjar.

Habib Idrus berharap kinerja ini dapat dipertahankan dan juga ditingkatkan. Kata dia, predikat WTP merupakan salah satu indikator penilaian keberhasilan pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah yang disampaikan lengkap dan memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku.

“Menyajikan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel, menjadi sebuah keharusan. Karena ini juga bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat,” tutupnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nashrullah

Baca Juga