Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Disporapar Balangan Gelar Ceriwis Bang

Disporapar Balangan Gelar Ceriwis Bang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Balangan, – Langkah ambisius telah diambil oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Balangan, Menggelar program inovatif bernama Ceriwis Bang (Cerita Wisata Bersama Pokdarwis Balangan) yang diharapkan menjadi pendorong utama dalam meningkatkan daya tarik wisata di wilayah ini.

Acara perdana tersebut digelar di Sekretariat Pokdarwis Baruh Bahinu Binjai Bersinar, Paringin Selatan, pada Rabu (8/5/2024).

Dalam keterangan resmi, disebutkan bahwa Kabupaten Balangan memiliki potensi wisata yang luar biasa, dengan 30 destinasi menarik tersebar di seluruh wilayahnya. Namun demikian, baru 11 di antaranya yang sudah dikelola secara resmi oleh Pokdarwis. Dalam acara ini, para perwakilan Pokdarwis berbagi pengalaman, tantangan, dan juga solusi dalam pengelolaan destinasi wisata mereka.

Hadir dalam acara ini adalah Melda Risda Elfa, selaku Plt Disporapar Kabupaten Balangan, serta sejumlah perwakilan kepala desa dan Pokdarwis dari seluruh wilayah Balangan.

BACA JUGA :  Jejaki Perda Pemberian Pengharagaan, DPRD Kota Bontang Sambangi Kabupaten Balangan

Melda menyatakan, “Ceriwis Bang bukan hanya sekadar acara, tapi lebih dari itu, ini adalah kesempatan emas untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam upaya mengembangkan pariwisata Balangan.”

Sementara itu, Pokdarwis memberikan usulan yang cukup beragam, mulai dari peningkatan fasilitas hingga perbaikan infrastruktur pendukung. Salah satu usulan yang disorot adalah perbaikan jalan dan pembangunan jembatan untuk mempermudah akses wisatawan menuju destinasi wisata.

M. Sigit Kondang Wibowo, yang menjabat sebagai Kabid Peningkatan Daya Tarik Destinasi Pariwisata, menjelaskan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan secara serius setiap usulan dari Pokdarwis. “Kami akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap setiap saran dan masukan yang diberikan, karena kami sadar pentingnya kerjasama lintas sektor dalam pengembangan pariwisata,” ujarnya.

Lebih lanjut, M. Sigit menegaskan bahwa usulan-usulan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan dalam alokasi anggaran tahunan. Hal ini sejalan dengan komitmen Disporapar untuk mendukung pengembangan pariwisata secara berkelanjutan di Kabupaten Balangan.

BACA JUGA :  Ramadhan, Polres Balangan Tetap Semangat Dalam Percepatan Vaksinasi

Tak lupa, dalam acara tersebut, Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata memberikan penghargaan kepada tiga destinasi wisata yang berhasil mengelola wisata dengan baik, dengan mengacu pada prinsip 7 Sapta Pesona. Racah Mampulang, Batu Ajung, dan Watu Badinding menjadi penerima penghargaan kali ini.

Kristie, selaku JF Analis Kebijakan Sub Koordinator Pengelola Destinasi Pariwisata, menjelaskan, “Penilaian kami berdasarkan prinsip 7 Sapta Pesona, di mana setiap aspek memiliki kriteria tertentu yang harus dipenuhi untuk mencapai hasil yang optimal.”

Diharapkan, program Ceriwis Bang ini akan menjadi momentum bagi Pokdarwis Balangan untuk terus berinovasi dan berbenah, guna membangun destinasi wisata yang lebih baik dan berkualitas di Kabupaten Balangan.

Baca Juga