Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Bupati HST Buka Penguatan Managemen SPIP Terintegrasi Untuk Seluruh SKPD

Bupati HST Buka Penguatan Managemen SPIP Terintegrasi Untuk Seluruh SKPD

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi, membuka kegiatan workshop penguatan Manajemen Pengelolaan Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi, dilaksanakan di Grand Qin Hotel Banjarbaru, Rabu (8/5/2024) siang.

Orang nomor satu di Kabupaten Hulu Sungai Tengah tersebut mengapresiasi terhadap Inspektorat setempat karena telah menyelenggarakan Workshop ini sebagai langkah awal pelaksanaan Penilaian SPIP Terintegrasi Tahun 2024.

“Sebagai awalan, akan dilaksanakan Penilaian Mandiri (PM) SPIP Terintegrasi yang akan dilakukan oleh masing-masing SKPD dilingkup Pemkab HST serta Penjamin Kualitas (PK) oleh APIP paling lambat pada tanggal 30 Juni 2024.” ujarnya, kepada sejumlah awak media.

Ia mengharapkan kedua proses ini dapat berjalan lancar sampai akhir hingga dilaksanakannya evaluasi dan penilaian oleh BPKP Provinsi Kalimantan Selatan. Termasuk sampai pada evaluasi akhir oleh Deputi Bidang Akuntabilitas Keuangan Daerah BPKP, sebab tingkat maturitas Kabupaten Hulu Sungai Tengah masih berada pada level 2 dalam predikat berkembang.

BACA JUGA :  Haruyan Pecah!...Satu Motor Diundi di Jalan Sehat Relawan ZA

“Yang jelas, workshop ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kita semua untuk menyiapkan Penilaian Mandiri (PM) dan Penjaminan Kualitas (PK) yang akan datang. Kita juga berharap acara ini dapat membantu peserta untuk memiliki pemahaman dan persepsi yang sama terkait Penilaian Mandiri SPIP terintegrasi.” harap Bupati HST, H Aulia Oktafiandi.

Sementara itu, Inspektur Kabupaten HST, Ainur Rafiq, kegiatan ini melibatkan seluruh kepala SKPD dan admin SPIP di masing-masing instansi. “Yang mana, mereka akan membuat register-registernya dan melakukan penilaian sendiri terhadap manajemen SKPD masing-masing,” ucapnya.

BACA JUGA :  Marmer Buatan Pengrajin HST Dilirik Dunia, Pemda Setempat Siapkan Pengembangan Produk Hingga Peningkatan Kualitas SDM

Digelarnya kegiatan ini, kata Rafiq, sebagai salah satu tindak lanjut dari hasil evaluasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat terhadap Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kabupaten Hulu Sungai Tengah tahun 2023, Pemkab HST melalui Inspektorat HST.

“Ini diharapkan memberikan pemahaman secara komprehensif kepada seluruh kepala SKPD Pemkab HST berkenaan dengan SPIP terintegrasi, yang di dalamnya ada manajemen resiko indeks serta kapabilitas APIP dan PK,” pungkasnya. (Adv/prokopim HST)

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga