Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Gelar Duta Genre HST, Tekan Remaja Bebas Narkoba, Sex Bebas…

Gelar Duta Genre HST, Tekan Remaja Bebas Narkoba, Sex Bebas dan HIV AIDS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI– Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak HST (Dinsos P2KB PPA) menggelar Grandfinal Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Tahun 2024, bertempat di Aula STAI Al-Washilah Barabai, Rabu (8/5/2024).

Mengusung tema “Genre Keren, Visualisasikan Cita-Cita, bersama Petakan Masa Depan Terencana”, Duta Genre diharapkan menjadi figure teladan serta motivator di kalangan remaja yang akan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi.

Diikuti oleh 22 orang peserta yang merupakan perwakilan tiap kecamatan di Kabupaten HST masing-masing 2 orang, dengan 5 orang dewan juri, turut berhadir dalam acara Grandfinal tersebut Perwakilan Ketua TP PKK HST, Ketua STAI Al-Washilah Barabai, Direktur PT. AMML, Perwakilan Bank Kalsel, Seluruh Camat HST, Koordinator PKB dan seluruh jajaran.

BACA JUGA :  Bupati dan Jajaran Pemkab HST Laksanakan Khataman Al Quran

Bertindak sebagai Ketua Pelaksana, Hj Masitah menyampaikan acara ini merupakan program penyiapan kehidupan berencana di kehidupan remaja sebagai upaya percepatan penurunan stunting serta pembentukan karakter generasi muda yang sehat, berprestasi dan berakhlak mulia.

Masitah menjelaskan pemilihan duta genre ini dilaksanakan melalui beberapa tahap, mulai dari pendafataran, pembekalan, seleksi hasil pembekalan hingga terlaksananya grandfinal. Dilaksanakan dari tanggal 22 April hingga 8 Mei 2024, bertempat di Aula DinsosPPKBPPPA, Aula Bappelitbangda dan STAI Al-Washilah Barabai.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Sosial PPKBPPPA HST, H Syahbidin, dengan generasi muda yang berencana, dari sisi Pendidikan, pengembangan minat dan bakat, pekerjaan, hingga rencana bekeluarga di masa depan maka akan terbentuk keluarga yang berkualitas dan terhindar dari hal-hal negatif.

BACA JUGA :  Bupati HST Pimpin Langsung Pemeriksaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

“Duta genre diharapkan aktif, memberi edukasi kepada teman-teman sebayanya agar kenakalan remaja dan kekerasan terhadap anak dapat dicegah dan dihentikan.” tutupnya.

Terpilih sebagai juara 1 Duta Genre yaitu Muhammad Maulana (Kecamatan Batu Benawa) dan Rizkya Mutiara Rani (Kecamatan Haruyan), Juara 2 yaitu Muhammad Fauzan Azhima (Kecamatan Barabai) dan Irma Nur Khasanah (Kecamatan Labuan Amas Selatan), serta Juara 3 yaitu Fajrianoor (Kecamatan Limpasu) dan Siti Rahmah (Kecamatan Barabai).

Diharapkan para pemenang yang berhasil dapat menjadi role model bagi generasi muda dan berkontribusi dalam program-program sosial, khususnya yang berkaitan dengan pencegahan stunting, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. (Adv/Prokopim HST)

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga