Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Dipercaya Jadi Narasumber, Aulia: Peran RT Sangat Penting di Masyarakat

Dipercaya Jadi Narasumber, Aulia: Peran RT Sangat Penting di Masyarakat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa untuk Rukun Tetangga (RT) Tahun 2024.

Wilayah yang disambangi langsung oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, tersebut berada di Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) dan Kecamatan Pandawan. Dilaksanakan di Kantor Pembakal Desa Hilir Banua, Kecamatan Pandawan pada Senin (13/5/2024).

Orang nomor satu di HST ini menjadi narasumber dalam peningkatan kapasitas tersebut. Tak sendiri, ia didampangi narasumber lain dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Bupati menjelaskan bahwa kegiatan Ini adalah inisiatif Pemerintah Daerah dalam rangka memperdayakan Lembaga yang ada di desa. Terutama yang menjadi perhatian daerah adalah lembaga yang paling menyentuh, berhubungan langsung dengan masyarakat yaitu Rukun Tetangga (RT).

BACA JUGA :  Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Sosok Pemimpin yang Menginspirasi dan Dicintai Masyarakat Kapuas

“Maka kami dari Pemerintah Daerah ingin memacu  kerja RT, cara peningkatan kinerjanya adalah bisa dengan dicambuk dan bisa juga melalui pemberian penghargaan, diharapkan RT bisa bekerja dengan baik” ucapnya.

Dia mengungkapkan, pada tahun ini ada dua program yang akan dilaksanakan untuk para RT, pertama memberikan perlindungan sosial melalui BPJS ketenagakerjaan untuk RT, sehingga mereka ada perlindungan terhadap kecelakaan kerja dan perlindungan kematian, di mana iuran akan dibayarkan oleh Pemerintah daerah.

Selanjutnya program kedua, lanjut Aulia, mengingat tugas RT cukup banyak sebagai apresiasi pemerintah daerah memberikan jaminan kenaikan insentif RT yang semula Rp 450 ribu menjadi Rp  500 ribu per bulan.

Harapannya, para RT bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah, melaksanakan apa yang diperintahkan pembakal. Salah satu contoh, kata dia, yang paling penting saat ini adalah penyediaan data stunting. Termasuk memberikan data mependudukan, atau data lainnya.

BACA JUGA :  Cegah Terjadi Risiko Pekerjaan, Pemkab HST Gelar Coaching Clinic Penyusunan Risk Register

“Pemerintah daerah sangat menghargai apapun kontribusinya, karena RT adalah orang yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan orang yang punya kemampuan bermasyarakat luas,” ucapnya.

“Mudah-mudahn kedepannya kita bisa membentuk forum komunikasi RT, jadi bisa menjadi tempat saling bertukar pikiran,  dan gampang dalam menerima dan memberikan informasi, ini menjadi PR kita bersama,” tutup Bupati

Pada kesempatan itu, turut hadir Kepala Dinas PMD Kabupaten HST, Camat LAU, Camat Pandawan, Pembakal Desa Hilir Banua, Tenaga Ahli PMD dan undangan lainnya. (Adv/Prokopim HST)

Reporter : Ahmad Farisal
Editor      : Nashrullah

Baca Juga